Evakuasi, Tim Gabungan TNI-Polri Bantu Korban Longsor Tanjung Sengkuang

Reporter : Koran Batam 11 Jan 2021, 14:14:55 WIB BATAM 24 JAM
Evakuasi, Tim Gabungan TNI-Polri Bantu Korban Longsor Tanjung Sengkuang

Keterangan Gambar : Personel gabungan TNI-Polri saat melakukan pencarian barang berharga yang masih bisa digunakan dan membersihkan puing-puing bangunan reruntuhan akibat longsor yang terjadi. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)


KORANBATAM.COM, BATAM - Pasca musibah bencana alam longsor yang terjadi pada Minggu (10/1/2021) malam tadi, sekira pukul 23.20 WIB di Kawasan Batu Ampar, tepatnya di Gang Ansor RT 04/RW 12 Kelurahan Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, Tim gabungan dari TNI-Polri turun langsung membantu warga korban yang rumahnya tertimbun reruntuhan bangunan, guna melakukan pencarian barang-barang berharga milik korban yang masih bisa digunakan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapten Infanteri HP Bangun, sebagai Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/Batam Timur ketika ditemui KORANBATAM.COM di lokasi kejadian, usai melaksanakan kegiatan gotong-royong membantu membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan pasca longsor yang terjadi tadi malam.

“Kegiatan hari ini, kita melaksanakan upaya pencarian barang-barang yang masih bisa digunakan. Dampak dari runtuhnya rumah yang tadi kita lihat tadi (terkena longsor),” kata Kapten Infanteri HP Bangun, Senin (11/1/2021) siang, sekira pukul 11.50 WIB, di lokasi.

Namun demikian, lanjutnya, setelah dilakukan pengecekan ke penghuninya, barang-barang berharga yang kiranya perlu diselamatkan sudah tidak ada lagi. Sehingga diputuskan, untuk dihentikan pencariannya.

“Setelah kita ke penghuninya, barang-barang berharga yang dianggap perlu diselamatkan, sudah tidak ada lagi. Sehingga kita putuskan, kita hentikan,” ujarnya.

 

Keterangan gambar : Personel gabungan TNI-Polri saat melakukan pencarian barang berharga yang masih bisa digunakan dan membersihkan puing-puing bangunan reruntuhan akibat longsor yang terjadi. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)

“Karena memang barang-barang rumah itu, bangunan juga sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Hanya fokus e barang-barang berharga saja. Dan dari hasil penyampaian tuan rumah (korban longsor) sudah cukup, jadi gak ada lagi yang perlu dicari lagi,” sambungnya.

Adapun personel yang terlibat dalam membantu pencarian barang-barang berharga milik warga korban longsor tersebut diantaranya enam (6) personel dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam, dan 10 personel dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Kita gabungan dari TNI-Polri ya, khususnya dari Kodim 0316/Batam. Dari Kodim tadi ada 6 orang dan dari Polri (Sat Sabhara Polresta Barelang dan Polsek Batu Ampar) berikut dengan perlengkapannya ada 10 orang,” tutupnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Batu Ampar, Kompol Nendra Madya Tias S.I.K,. melalui Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Batu Ampar, AKP Sudarso didampingi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Tanjung Sengkuang, Bripka H Jumakir, S.Pdi, mengatakan bahwa, kegiatan pada hari ini adalah bentuk kepedulian Polri dalam hal ini Polresta Barelang melalui Polsek Batu Ampar kepada kepedulian kepada korban korban musibah bencana alam tanah longsor di Kelurahan Tanjung Sengkuang.

“Kegiatan kita hari ini gabungan mas, dari TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Batam dan Polsek Batu Ampar. Kami membantu evakuasi barang-barang milik warga korban longsor yang terjadi tadi malam,” ujar AKP Sudarso ketika ditemui KORANBATAM.COM di lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, kata Sudarso, pihaknya juga memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang sedang terjadi saat ini. Pasalnya hujan lebat disertai angin kencang masih terjadi di sejumlah wilayah di Kota Batam.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada saat ke luar rumah. Sebab, hujan deras masih mengguyur Batam. Apalagi hujan disertai angin kencang seringkali mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Beberapa hari ini saja, cuaca untuk diwilayah Kepulauan Riau (Kepri) khususnya di Kota Batam sangat ekstrim. Sekali lagi kami himbuan kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati lagi,” pungkasnya.

 

(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook