Casa Medical Batam Dukung Program JKN dengan Optimalkan Prolanis
Reporter : Koran Batam 24 Jun 2022, 20:41:24 WIB KESEHATAN
Casa Medical Batam Dukung Program JKN dengan Optimalkan Prolanis

Keterangan Gambar : Penyerahan hadiah klinik pratama prolanis terbaik oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Yusrianto (kiri), ke Supervisor Klinik Casa Medical, Dessy Susianti Amsuri (tengah), Jumat (24/6/2022). /BPJS Kesehatan Batam


KORANBATAM.COM - Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi peserta penderita penyakit kronis seperti Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT).

Untuk menunjang program tersebut dilakukan berbagai aktivitas seperti kegiatan konsultasi kesehatan, pelayanan obat, pemeriksaan penunjang serta edukasi dan senam prolanis di waktu tertentu oleh FKTP tempat peserta terdaftar.

Dessy Susianti Amsuri, Supervisor Klinik Casa Medical, mengatakan bahwa, sebagai bentuk dukungan kepada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), manajemen selalu berupaya melaksanakan dengan optimal setiap program yang dihimbau oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara.

“Klinik Casa Medical di Batam jumlahnya ada 9 klinik. Semuanya menjalankan program yang sama termasuk kegiatan Prolanis sebagai salah satu upaya promotif preventif yang dihimbau oleh BPJS Kesehatan,” ujar Dessy, Jumat (24/6/2022).

Ia mengatakan, kegiatan Prolanis yang dilakukan di Casa Medical yakni senam rutin sekali dalam sebulan, edukasi kepada peserta dua kali sebulan baik untuk DM maupun HT. Tim Prolanis Casa Medical juga memiliki grup komunikasi di Whatsapp untuk sharing informasi kepada peserta Prolanis yang dikelola oleh klinik.

“Untuk peserta yang sudah berumur dan sulit mengakses gadget, kami biasanya meng-invite keluarganya untuk bergabung di grup agar informasi kegiatan tetap diketahui oleh peserta,” sebutnya.

Upaya untuk mengoptimalkan program Prolanis juga dilakukan dengan menjaring sebanyak-banyaknya peserta yang belum tergabung dalam kelompok Prolanis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Hal ini untuk memastikan setiap peserta Prolanis mendapatkan treatment yang tepat baik melalui kegiatan, edukasi maupun pengobatan ke klinik.

Seiring dengan tujuan promotif preventif, Klinik Casa Medical juga menggencarkan pengisian Skrining kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN kepada peserta JKN dan internal pegawai.

“Ketika pasien datang, kami langsung meminta peserta untuk melakukan Skrining. Jika sedang tidak banyak pasien, petugas kami akan membantu satu per satu. Dari mulai download sampai mengisi Skrining. Nah supaya petugas kami juga paham, saya sedari awal sudah meminta setiap pegawai untuk melakukan Skrining terlebih dahulu,” katanya.

Sementara, Yusrianto, selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, mengatakan bahwa, atas upaya yang dilakukan oleh Klinik Casa Medical, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan sebagai Klinik Pratama Prolanis terbaik.

“Karena kegiatan Prolanis yang dilakukan secara rutin, capaian peserta yang tinggi selama lima bulan terakhir, kami memberikan penghargaan kepada beberapa klinik pratama salah satunya Klinik Pratama Prolanis terbaik yang kami berikan ke Klinik Casa Medical,” kata Yusrianto.


Sumber: BPJS Kesehatan Batam




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;