Ustaz Khalid Basalamah Menegah Orangtua Ajarkan Anak Menabung: Itu Tidak Mendidik
KORANBATAM.COM 25 Mar 2024, 10:56:52 WIB
SELEBERITIS
Ustaz Khalid Basalamah Menegah Orangtua Ajarkan Anak Menabung: Itu Tidak Mendidik

Keterangan Gambar : Ustaz Khalid Basalamah. /IG Deddy Corbuzier


KORANBATAM.COM - Kebanyakan orangtua mengajarkan pada anak-anaknya untuk menabung sejak dini. Dengan menanamkan kebiasaan ini sejak kecil, orangtua berharap anak tidak boros dan belajar menyisihkan uang. 

Namun rupanya, prinsip tersebut tidak diterapkan oleh pendakwah, Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid mengungkapkan, dia sendiri tidak setuju jika anak-anaknya dibelikan celengan untuk menabung. Ustaz Khalid lebih suka jika anak-anaknya bersedekah.

“Karena kalau kita suruh dia menabung, sementara dia kan tidak perlu tabungan itu. Katanya untuk pendidikan masa depan, kalau saya liat itu tidak mendidik,” ujar Ustaz Khalid dalam video yang diunggah di Youtube Ayo Hijrah, dikutip VIVA, Senin (25/3/2024).

“Kenapa? Karena kalau kita kasih dia celengan dan dia menabung, dia akan menjadi orang yang bakhil. Dia nabung, gak mau sedekah. Bahkan kalau kakaknya atau adeknya pegang celengannya dia marah,” lanjutnya.

Menurut sang pendakwah kondang ini, menanamkan sifat bakhil pada anak berbahaya.

“Lebih baik bapak ibu kasih uang, misalnya uang jajan sekolah bilang ‘nak nanti kalau ada temannya yang butuh bantu ya, ada celengan masjid di sekolah masukin ya’ ajarin dari kecil,” tuturnya.

Bukan menabung, Ustaz Khalid menyarankan agar orangtua mengajarkan anak untuk bersedekah sejak kecil. Sebab menurutnya, konsep yang benar adalah sedekah pangkal kaya bukan menabung pangkal kaya.

“Sedekah pangkal kaya. Gak ada akan pernah ketemu konsep Islam sama kapitalis. Kapitalis menabung pangkal kaya, gak akan sedekah dengan menabung, susah. Makanya harus kita tanamkan,” jelasnya.

“Ini saya pribadi ya. Jadi kalo Anda mau ikut Alhamdulillah, tidak juga Anda punya hak. Kita bukan sedang bicara dalil syar’i, tapi saya melihat pola ini perlu diterapkan,” imbuh Ustaz Khalid Basalamah.

Berita ini telah tayang di viva.co.id dengan judul Ustaz Khalid Basalamah Larang Orangtua Ajarkan Anak Menabung: Itu Tidak Mendidik




Layanan Virtual PLN Batam Layanan Virtual PLN Batam- -
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;