29 Kru Pesawat Dilakukan Tes Narkotika dengan Alat Drugs Of Abuse Multipanel Test

Reporter : Koran Batam 31 Des 2020, 13:29:00 WIB BATAM
29 Kru Pesawat Dilakukan Tes Narkotika dengan Alat Drugs Of Abuse Multipanel Test

Keterangan Gambar : Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S (dua dari kiri, depan) ketika diwawancarai sejumlah awak media usai melakukan pemeriksaan tes Narkotika di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pagi. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, BATAM - Dengan menggunakan metode pemeriksaan air liur, proses Swab Drugs Of Abuse Multipanel Test, sebanyak 29 kru pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dilakukan pemeriksaan tes Narkotika baik itu pesawat yang landing maupun yang take off (lepas landas) dari Bandara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.,. didampingi oleh Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Kepri, Kombes Pol Muji Supriyadi, S.H., S.Ik., dan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SIK, MH, serta didukung oleh pihak Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Kegiatan ini dalam rangka Operasi (Ops) Lilin Seligi 2020, yang dipimpin langsung oleh Dirresnarkoba Polda Kepri. Ke 29 kru pesawat (Pilot, Kopilot dan Pramugari) di Bandara itu (Hang Nadim Batam) dilakukan pemeriksaan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri pada Kamis (31/12/2020) pagi,” ujar Harry di lokasi.

Lanjut Harry, ada 29 sampel yang diambil dari kru pesawat tersebut, dan dari hasil pemeriksaan, 29 kru pesawat, tidak ada ditemukannya yang positif menggunakan Narkotika, dan semua hasilnya negatif.

“Untuk proses pemeriksaan, kita (Polda Kepri) menggunakan metode baru. Artinya, tidak menggunakan pemeriksaan melalui urin, tetapi kita menggunakan alat yang disupport oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri),” jelasnya.

 

Keterangan gambar : Anggota Ditresnarkoba Polda Kepri menunjukkan hasil pemeriksaan tes Narkotika kru pesawat Bandara Internasional Hang Nadim. (Foto : istimewa)

Alat ini, dijelaskan Harry, (Drugs Of Abuse Multipanel Test) dalam pemeriksaan sangat efektif, akurasinya sangat tinggi, kemudian hasilnya bisa ditunggu.

“Artinya tidak menunggu waktu lama untuk hasilnya, dapat dilihat langsung oleh petugas. Untuk alat ini, akurasinya kurang lebih sekitar 90 persen, dan kita melakukan pemeriksaan ini untuk memberikan rasa aman, nyaman dan jaminan kepada penumpang yang menggunakan transportasi udara,” ujar Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S mengakhiri.


(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook