Dukung Program Ketahanan Pangan, PUPR Bangun Irigasi di Jemaja dari Anggaran DAK

Reporter : Koranbatam 03 Nov 2021, 12:30:01 WIB ANAMBAS
Dukung Program Ketahanan Pangan, PUPR Bangun Irigasi di Jemaja dari Anggaran DAK

Keterangan Gambar : Kepala Dinas PUPRPR-KP Kabupaten Kepulauan Anambas, Andyguna K Hasibuan (dua dari kanan), saat Monitoring dan Evaluasi atau Monev ke pembangunan irigasi di Jemaja.


KORANBATAM.COM, ANAMBAS - Untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu peran penting dalam melaksanakan pembangunan terutama di bidang jaringan irigasi untuk daerah-daerah yang memerlukan penanganan irigasi persawahan.

Keterangan Gambar: Kepala Dinas PUPRPRKP Anambas meninjau progres pembangunan jaringan irigasi.

Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya daerah Jemaja Timur di desa Ulu Maras dan Bukit Padi perlu dilakukan pembenahan irigasi persawahan. Dimana kedua wilayah itu merupakan lumbung padi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pembenahan di bidang rehabilitasi jaringan irigasi yang selama ini sebagian rusak bahkan perlunya irigasi baru untuk mengaliri air persawahan masyarakat khususnya petani yang menanam padi. Program ini diharapkan bisa meningkatkan hasil panen para petani khususnya yang menanam padi di Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya di Jemaja.

“Kita mendukung program pusat dalam hal ketahanan pangan. Khususnya Kementerian PUPR dalam hal ini untuk menambah jaringan atau saluran air yang rusak bisa kita perbaiki dan lakukan pembenahan. Agar lahan-lahan petani bisa semua mendapatkan air,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRPR-KP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Andyguna K Hasibuan, kepada media ini, Selasa (2/11 /2021). 

Dalam peningkatan jaringan irigasi ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Nopiyanto, mengatakan, dinas PUPRPR-KP Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan anggaran dana alokasi khusus bidang irigasi setelah mengikuti verifikasi ketika dikatakan sudah memenuhi kriteria maka usulan ini kita tayangkan ke provinsi dan dengan diteruskan ke Kementerian PUPR.

“Kalau tak salah untuk wilayah Kepulauan Riau hanya kepulauan Natuna dan kepulauan Anambas yang mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang irigasi ini,” ujarnya.

Keterangan Gambar: Pembangunan jaringan irigasi sedang dalam proses pengerjaan.

Dia menambahkan, anggaran DAK ini Rp4.117.000.000 untuk program daerah irigasi di Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun anggaran 2021. Pihaknya optimis jika pengerjaan ringan irigasi itu bisa selesai sebelum kontrak berakhir tahun ini. Dia berharap dengan adanya pembangunan irigasi ini bisa menjadikan Kepulauan Anambas jadi lumbung padi di Kepri.

“Kita berharap dengan selesainya nanti jaringan irigasi ini bisa mengaliri lahan tidur sehingga bisa ditanam padi karena air sudah mengalir. Kita berharap Anambas ini nantinya salahsatu lumbung padi di Kepri ini,” katanya.

 

(Jhon/ist)




DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;