Lanal Ranai dan Kodim Natuna Kerjasama Manfaatkan Lahan untuk Ketahanan Pangan

Reporter : Koran Batam 14 Mei 2020, 20:36:47 WIB NATUNA
Lanal Ranai dan Kodim Natuna Kerjasama Manfaatkan Lahan untuk Ketahanan Pangan

Keterangan Gambar : Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna bekerja sama melaksanakan pemanfaatan lahan tidur untuk berkebun dan beternak unggas. (Foto : Humas Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)


KORANBATAM.COM, NATUNA - Dalam menghadapi wabah Covid-19 yang terus berkepanjangan, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna bekerja sama melaksanakan pemanfaatan lahan tidur dalam upaya mendukung program Pemerintah dan Pimpinan TNI tentang ketahanan pangan di Ranai Natuna Kepri, Rabu (13/5/2020).

Adapun program ketahanan pangan diantaranya adalah dengan mengolah lahan tidur seluas 500 m2 untuk berkebun dan beternak unggas, yang berlokasi di Komplek Perumahan Lanal Ranai.

"Jenis tanaman yang ditanam yaitu jagung, ketela pohon, kacang panjang, serta hidroponik sawi/pokcoy," ujar Komadan Lanal (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Dofir yang didampingi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna Letkol Czi  Ferry Kriswardana, Kamis (14/5/2020).

Sedangkan untuk beternak, lanjutnya adalah jenis unggas ayam. Ia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat, dalam mengantisipasi kebutuhan pangan yang harganya semakin melambung tinggi di tengah wabah Covid-19.

“Sehingga melalui tanaman sayur-mayur dan unggas yang diternakkan ini, dapat dimanfaatkan apabila sewaktu-waktu terjadi krisis kebutuhan pangan di lingkungan Lanal Ranai," katanya disela-sela kegiatan tersebut.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwasanya ini sebagai bentuk nyata dalam menghadapi pandemi virus Covid-19, ketahanan pangan harus diperkuat.

"Bersama jajaran, kami mengolah lahan tidur seluas 500 m2 yang berlokasi di Komplek Perumahan Lanal Ranai yang dimanfaatkan untuk berkebun dan beternak unggas," tutupnya. (iam)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook