Peningkatan Akses Telekomunikasi, Deputi Bidkor Kominfotur Kemenko Polhukam Tinjau Anambas

Reporter : Koranbatam 23 Sep 2020, 15:05:05 WIB ANAMBAS
Peningkatan Akses Telekomunikasi, Deputi Bidkor Kominfotur Kemenko Polhukam Tinjau Anambas

Keterangan Gambar : Bupati Anambas memberikan cindera mata kepada Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam, Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo


ANAMBAS - Dalam rangka peningkatan layanan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemerintah Daerah terus berupaya baik berkoordinasi kepada Pemerintah Pusat maupun kepada pihak provider penyedia layanan akses telekomunikasi.

Hal ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mendorong pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas (Daerah Perbatasan), dimana diketahui bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki 3 wilayah pulau besar yang terpisah-pisah dengan jumlah penduduk yang cukup ramai yaitu Pulau Jemaja, Pulau Siantan dan Palmatak.

Keterangan Gambar : Bupati Anambas saat meninjau lokasi akses Telekomunikasi di Anambas

Ini merupakan suatu kendala tersendiri yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah dalam memenuhi kebutuhan akses telekomunikasi bagi masyarakat.

Dalam memenuhi kebutuhan akses telekomunikasi dan untuk mewujudkan Indonesia Merdeka Sinyal, Pemerintah Pusat juga telah membangun jaringan Tulang Punggung /Kabel FO bawah laut (Palapa Ring Barat) yang salah satunya terhubung di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Keterangan Gambar : Bupati Anambas dan rombongan Kemenko Polhukam turun ke Anambas

Dengan memanfaatkan banckbone PRB teknologi tersebut, kini beberapa wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mulai terlihat peningkatan kualitas layanan akses telekomunikasi (sinyal 4G Telkomsel) yang diantaranya, Kecamatan Siantan, Siantan Tengah, Palmatak, Kute Siantan, Jemaja dan Jemaja Timur.

Namun memang masih terdapat beberapa lokasi yang belum terakomodir akses telekomunikasi sehingga ini lah yang menjadi PR kedepannya agar dapat menjangkau ke lokasi - lokasi sehingga pemerataan akses telekomunikasi (Merdeka sinyal) benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Untuk melihat secara langsung peningkatan akses telekomunikasi yang telah terealisasi, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko polhukam) melakukan peninjauan langsungKabupaten Kepulauan Anambas, Selasa, (22/09/20).

Selain itu juga hadir dari pihak PT. Telkomsel, Andi Suapril manajer NSA area Kepri, Dirut PT. Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo, GM Telkom Rikep Kepri, Munawwir dan PT Mora Telematika Indonesia yang mendukung dalam pembangunan dan peningkatan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Adapun lokasi dalam kunjungan kerja tersebut yaitu : Kecamatan Palmatak, Kute Siantan, Jemaja dan Jemaja Timur. Dalam peninjauan secara langsung di lokasi pembangunan tower dan pegelaran kabel akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Keterangan Gambar : Bupati Anambas dan rombongan Kemenko Polhukam ikuti protokol kesehatan

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam upaya peningkatan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Hadirnya akses telekomunikasi dengan memanfaatkan Palapa Ring Barat di Kecamatan Kute Siantan dan Palmatak ini tidak lepas dari dukungan kita bersama. Melalui dukungan inilah Telkom dan Telkomsel hadir di Pulau Matak dengan membangun kabel Serat Optik dari Desa Tebang menuju Desa Payalaman dan di kelyraahn letung sampai ke jemaja Timur, "kata Abdul Haris.

Keterangan Gambar : Bupati Anambas, Abdul Haris saat menyampaikan kata sambutan

Abdul Haris, SH juga menyebutkan bahwa dengan hadirnya layanan akses telekomunikasi (sinyal 4G Telkomsel) diwilayah perbatasan khususnya Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan suatu harapan masyarakat dan Pemerintah Daerah sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Bupati Anambas berharap agar di beberapa lokasi yang belum terakomodir akses telekomunikasi agar dapat terpenuhi kedepannya.

"Jika semua di desa, dusun dan di pelosok Kabupaten Kepulauan Anambas ini sudah 4G semua, maka permasalahan sinyal tidak lagi menjadi persoalan bagi masyarakat," katanya.

Terkait perhatian Pemerintah Pusat kepada daerah perbatasan, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam, Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo menyebutkan, bahwa Kemenko Polhulkam Bidkor Kominfotur sangat memiliki konsen untuk mendukung Nawacitanya Presiden RI untuk meningkatkan pembangunan akses yang ada di daerah 3T khususnya. Dalam hal ini Kabupaten kepulauan Anambas merupakan daerah yang strategis yang berbatasan dengan beberapa negara.

"Karena itu perlu diperkuat akses telekomunikasi tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan juga akses kedaulatan telekomunikasi di wilayah 3T tersebut," paparnya.

Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo juga menghimbau kepada masyarakat agar bijak dalam bersosial media baik dalam menerima maupun menyampaikan informasi sehingga akses telekomunikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. (kominfotik/red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook