Tiga Waktu Mandi yang Dilarang di Dalam Islam, Hati-hati Bisa Berakibat Kematian

Reporter : Koran Batam 07 Agu 2021, 03:17:45 WIB KESEHATAN
Tiga Waktu Mandi yang Dilarang di Dalam Islam, Hati-hati Bisa Berakibat Kematian

Keterangan Gambar : Ilustrasi mandi dengan air hangat. Foto/shutterstock.com By Yuganov Konstantin


KORANBATAM.COM - Mandi sangat penting dilakukan agar tubuh tetap dalam keadaan bersih dan nyaman. Mandi tidak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari kotoran, namun juga menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas.

Sehingga, ketika beribadah pun dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Sayangnya ada orang yang kurang paham pentingnya mandi sehingga enggan melakukannya dengan rutin.

Di dalam hadist yang menyebutkan Kebersihan Sebagian daripada Iman”, yang artinya dengan menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Namun, ada waktu tertentu yang di dalam Islam dilarang untuk mandi. Kapan waktu yang dilarang tersebut?

Berikut waktu-waktu yang dilarang untuk mandi di dalam Islam:

1. 30 Menit Setelah Salat Ashar

Anda tidak disarankan untuk mandi lewat pukul 15.00 karena kondisi darah dalam tubuh sedang dalam keadaan panas. Sehingga mandi pada waktu tersebut dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih yang beresiko mengalami kematian mendadak.

2. Setelah Maghrib

Pada pukul 18.00 hingga 19.00, kondisi jantung mulai lemah. Jika Anda mandi pada jam-jam tersebut, tubuh bisa kaget dan mengalami kematian mendadak.

Mandi pada waktu itu juga bisa meningkatkan terjadinya resiko penyakit paru-paru basah.

3. Sesudah Salat Isya hingga Pukul 24.00

Jantung akan beristirahat sesudah waktu Isya (sekitar pukul 19.00 lewat). Mandi pada saat itu akan menyebabkan terjadinya kerusakan jantung bahkan mandi pada waktu itu juga merupakan sebab Anda mengalami rheumatic.

Intinya, mandi pada waktu sesudah pukul 19.00 hingga tengah malam memang tidak disarankan. Namun bukan berarti Anda tidak boleh mandi.

Jika Anda ingin mandi karena kegerahan inilah waktu yang tepat untuk mandi agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Beberapa waktu berikut disarankan untuk mandi:

  •  Pagi hari

Mandi di pagi hari sangat disarankan karena air memiliki kandungan ozon yang tinggi sehingga membuat tubuh menjadi segar dan awet muda.

Mandi di pagi hari juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti mandi di pagi hari sebelum adzan subuh yang banyak sekali orang tidak mengetahuinya.

Kebiasaan ini mempunyai pengaruh yang positif pada urat saraf yang mengaktifkan otak. Beberapa manfaat mandi sebelum subuh yaitu tidak mudah terkena penyakit ain (sakit, demam, pilek, dll), tidak akan terkena sihir, guna-guna maupun ulah manusia, badan akan sehat dan bugar sepanjang hari, wajahnya bercahaya, mengawetkan daya tahan mata, tidak mudah rabun dan banyak khasiat lainnya.

  •  Waktu Ashar

Mandi di waktu ashar bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hasilnya Anda tidak mudah terserang penyakit.

Itulah 3 waktu mandi yang dilarang di dalam Islam dan waktu mandi yang direkomendasikan. ***

 

Sumber: Portal Jember




DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;