Turis Korea Selatan Puji Kemajuan Batam
Perdana Penerbangan Jeju Air Angkut 189 Penumpang dari Negeri Gingseng
KORANBATAM.COM 26 Mei 2023, 07:02:31 WIB
BATAM
Turis Korea Selatan Puji Kemajuan Batam

Keterangan Gambar : Penyambutan turis asal Korea Selatan saat penerbangan perdana Jeju Air menuju Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (20/5/2023). /BP Batam


KORANBATAM.COM - Turis asal Korea Selatan (Korsel), Cang Pong Ik menyambut baik penerbangan perdana Jeju Air 7C2775 dari Incheon Airport menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu (20/5/2023).

Bagi Pong, penerbangan tersebut memberikan kemudahan bagi pelancong asal Negeri Gingseng yang ingin berkunjung ke Batam untuk beberapa keperluan.

“Saya datang untuk urusan bisnis dan bermain golf. Saya sangat senang bisa berkunjung ke Batam,” ujar Pong melalui penerjemahnya usai mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Ia pun memuji kemajuan pembangunan Batam dibandingkan beberapa tahun lalu. Menurutnya, terdapat banyak perbedaan saat pertama kali menginjakkan kaki ke Batam sekitar pertengahan tahun 2018 lalu.

“Batam saat ini lebih menakjubkan. Saya juga berniat untuk membawa keluarga liburan ke sini,” sebutnya.

Senada dengan Pong, turis asal Korsel lainnya, Mr. Chang juga menyambut baik rute Incheon Airport ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam ini.

Chang berharap, penerbangan dengan rute tersebut bisa menjadi rute tetap. Tak lagi sekadar penerbangan carter (Charter Flight).

“Saya terakhir ke Batam sebelum pandemi Covid-19. Saya cukup sering ke sini untuk bermain golf, semoga bisa menjadi rute tetap,” harap Chang melalui penerjemah.

Sebagaimana diketahui, angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam sepanjang 2019 (sebelum Pandemi Covid-19 melanda) mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat, turis mancanegara yang datang ke Batam pada tahun 2019 sebanyak 1.947.943 kunjungan atau naik 3,21 persen dari tahun sebelumnya.

Kala itu, Korea Selatan masuk dalam posisi enam besar negara dengan kunjungan wisatawan terbanyak ke Batam dengan total 30.097 kunjungan.

Merespons hal tersebut, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengemukakan bahwa, pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengembangan terhadap sektor pariwisata di Batam.

Hal ini, kata Rudi, untuk meningkatkan minat turis mancanegara menuju Batam. Mengingat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam berada dalam tren positif sepanjang bulan Maret 2023.

Berdasarkan data dari BPS Batam, kunjungan wisman sepanjang bulan Maret 2023 sebanyak 98.268 orang.

Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 32,45 persen jika dibandingkan kunjungan pada bulan sebelumnya. Sedangkan dibandingkan pada bulan Maret 2022, jumlah kunjungan wisman ke Batam naik sebesar 9.776,18 persen.

“Kita ingin semua penerbangan terhubung agar ekonomi Batam terus tumbuh tiap tahun. Banyak hal yang akan kita kembangkan, pembangunan infrastruktur saat ini adalah salah satu langkah untuk mendukung pariwisata,” ujar Rudi. (***)




- -
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;