Antisipasi Banjir, Camat Jemaja Timur Usulkan Normalisasi Sungai

Reporter : Koran Batam 24 Des 2019, 07:44:38 WIB ANAMBAS
Antisipasi Banjir, Camat Jemaja Timur Usulkan Normalisasi Sungai

Keterangan Gambar : Banjir melanda Jemaja Timur beberapa hari lalu


KORANBATAM.COM, Anambas - Camat Jemaja Timur mengusulkan normalisasi daerah aliran sungai (DAS) kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas guna untuk menghindari terjadinya banjir di Desa Ulu Maras dan sekitarnya.

Namun sampai saat ini belum terealisasi, sehingga kekhawatiran masyarakat akan adanya banjir kembali terjadi pada tahun 2019 ini.

"Kita sudah pernah mengajukan normalisasi DAS di Jemaja Timur, untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Sampai saat ini memang belum ada realisasi, mudah-mudahan tahun depan (2020) permintaan itu terealisasi," ujar Camat Jemaja Timur, Indra Gunawan, Senin (23/12/2019).

Indra mengaku, DAS yang berasal dari Air Terjun Neraja dan Dapit cukup dangkal, sehingga tak mampu menampung air hujan yang menyebabkan terjadi banjir di Desa Ulu Maras.

"DAS yang ada di Desa Ulu Maras sangat dangkal, sehingga tak mampu mengantar air ketempat yang lebih rendah lagi. Selain itu juga, Desa Ulu Maras memang dikelilingi bukit, sehingga air cepat meluap," terangnya.

Meski demikian, Indra mengaku, jika pada Minggu (22/12/2019) pagi kemarin genangan air setinggi lutut orang dewasa, kini sudah perlahan surut. Dan aktivitas masyarakat tetap berjalan. "Demikian juga untuk pelayanan di kecamatan dan Puskesmas juga tetap berjalan," terangnya.

Salah satu warga Desa Ulu Maras, Rodiah mengaku saat ini warga cukup wanti-wanti bila terjadi hujan, yang menyebabkan adanya banjir susulan.

"Kami khawatir terjadi banjir susulan, karena kemarin sudah terjadi. Mudah-mudahan hujan turun tak sederas dan tak selama kemarin,"katanya. (batamtoday/PR) 




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook