Baznas Kepulauan Anambas Salurkan Beasiswa Kurang Mampu
KORANBATAM.COM 23 Mei 2024, 19:44:07 WIB
ANAMBAS
Baznas Kepulauan Anambas Salurkan Beasiswa Kurang Mampu

Keterangan Gambar : Penyaluran bantuan beasiswa kepada siswa kurang mampu, Rabu (22/5/2024). /1st


KORANBATAM.COM - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Kepulauan Anambas menyalurkan bantuan beasiswa kepada siswa kurang mampu, Rabu (22/5/2024).

Bertempat di Sekolah Madrasah Aliyah Fatahillah Tarempa, bantuan beasiswa yang berasal dari Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang dikumpulkan oleh Baznas ini diberikan kepada 38 siswa kurang mampu dengan kategori SD, SMP hingga SMA sederajat.

Ketua BAZNAS Kabupaten Kepulauan Anambas, Muksin, menyampaikan bahwa penerima bantuan beasiswa siswa ini terbagi dalam dua kategori, yakni beasiswa per tiga bulan sekali dan per enam bulan sekali.

"Bantuan beasiswa untuk siswa kurang mampu ini ada yang kita berikan per tiga bulan sekali dan ada juga yang per enam bulan sekali," ucapnya.

Untuk beasiswa kategori per tiga bulan, masing-masing siswa ada yang menerima mulai dari Rp700 ribu sampai dengan Rp1,5 juta tergantung besaran biaya sekolahnya.

Sementara untuk beasiswa per enam bulan sekali, masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp750 ribu.

Untuk total keseluruhan beasiswa yang diberikan oleh Baznas kepada siswa kurang mampu ini senilai Rp52.310.000.

Menurutnya, dengan tingginya angka kesulitan ekonomi masyarakat saat ini, peran Baznas sangat penting dalam mendukung pendidikan anak.

"Dengan banyaknya anak-anak kita yang kehidupannya kurang mampu, maka perlu dorongan dan dukungan semua pihak dalam mengumpulkan ZIS di Baznas, karena ini dampaknya sangat besar bagi anak-anak kita," sebutnya.

Muksin pun berharap, dengan optimalisasi pembayaran zakat dan infaq dari semua pihak, para siswa yang kurang mampu di Anambas dapat terus menempuh pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kita berharap tidak ada lagi anak-anak kita yang putus sekolah karena tidak mampu. Kiranya kerjasama kita dengan pemerintah daerah dan stakeholder ini dapat mendukung optimalisasi zakat dan infaq," harapnya.

Kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, yang saat itu hadir dalam penyerahan bantuan beasiswa ini, memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pihak Baznas.

Sahtiar mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas akan tetap berupaya mendukung program Baznas yang bersifat positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami akan upayakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kembali pengumpulan zakat, infaq, maupun sedekah di lingkungan pegawai di masing-masing dinas. Jika pengumpulan ini besar maka semakin banyaklah masyarakat yang terbantu," pungkasnya.

 

(Rommel /red)




Layanan Virtual PLN Batam Layanan Virtual PLN Batam
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;