Empat Unit KAL dan Enam Unit Combat Boat Tambah Pertahanan Lantamal IV

Reporter : Koran Batam 10 Des 2019, 13:53:41 WIB BINTAN
Empat Unit KAL dan Enam Unit Combat Boat Tambah Pertahanan Lantamal IV

Keterangan Gambar : (Foto : Dispenal)


KORANBATAM.COM, Tanjung Uban – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) IV,  Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, hadiri acara serah terima empat unit Kapal Angkatan Laut (KAL) dan 6 unit Combat Boat, yang berlangsung di Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau,  Senin (9/12/2019).

Dengan diawali sambutan dari perwakilan Direktur Utama Palindo Marine Harmanto, kemudian dilanjutkan dengan laporan kesiapan serah terima KAL 28 M dan Combat Boat AL D-18 oleh Dansatgas Mayor Laut (T) Himawan.

Kegiatan selanjutnya, penandatanganan Berita Acara Penyerahan KAL 28 M Aluminium dan Combat Boat AL D-18 dari Direktur PT Palindo Marine, PT Lims Nautical Shipyard, PT Citra Shipyard dan PT Global Mandiri kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo.

Kemudian, dari Kadismatal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto (Han), yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, setelah itu sambutan dari Kasal dan di tutup dengan sesi foto bersama.

"Bahwa dalam program prioritas Nasional, dan peningkatan industri pertahanan domestik menjadi fokus utama dalam mendukung kekuatan pertahanan dan keamanan Nasional," ujar Kasal dalam amanatnya.

Lanjut Kasal, kemandirian pengembangan teknologi pembangunan kapal di dalam negeri ini sangat bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi akan prestasi ini, karena murni hasil karya anak bangsa, capaian ini juga mendukung kebijakan pemerintah untuk membangun kemandirian dan menjaga keberlanjutan terutama dalam industri pertahanan Nasional," tuturnya Kasal.

Tambahnya Kasal, mengatakan empat unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M dan enam unit Combat Boat AL D-18, ini nantinya akan berperan dalam menjaga keamanan maritim di tiap-tiap wilayah perairan yang menjadi daerah operasinya.

"Dimana KAL dan Combat Boat ini juga sebagai sarana penting dalam penegakan hukum di laut yang dapat dioperasikan secara optimal dan efektif di sekitar perairan pedalaman dan pelabuhan," jelasnya.

Selain melaksanakan rangkaian acara peresmian KAL serta Combat Boat, Kasal didampingi para Pejabat TNI Angkatan Laut yang hadir melaksanakan kunjungan  ke salah satu Kal yaitu KAL Lalos (LLS) II-8-34 dan Combat Boat AL D-18, diberi nama Patkamla Binanga (BNG) II-6-67, kemudian sesi foto bersama dan ditutup dengan press release dihadapan awak media didepan Kal Lalos (LLS) II-8-34.

Sebagai informasi, bahwa dua unit KAL 28 M produksi PT Lims Nautical Shipyard yang akan memperkuat jajaran Koarmada I diberi nama KAL Iboih (IBH) I-1-71 dan KAL Sorake (SRK) I-2-18, sedangkan dua unit KAL 28 M produksi PT Palindo Marine diberi nama KAL Talise (TLS) II-6-65 dan KAL Lalos (LLS) II-8-34.

Selain KAL 28 M penyerahan Combat Boat AL D-18 satu unit dari PT Infinity Global Mandiri yang akan memperkuat jajaran Koarmada II dan diberi nama Patkamla Balaroa (BLR) II-6-66, dua unit Combat Boat AL D-18 dari PT Citra Shipyard diberi nama Patkamla Gorar (GRR) III-9-19 dan Patkamla Wasur (WSR) III-11-16, serta tiga unit produksi PT Palindo Marine diantaranya Patkamla Binanga (BNG) II-6-67, Patkamla Santiago (STG) II-8-35, Patkamla Kastela (KTL) III-14-13 untuk memperkuat jajaran Koarmada III.

KAL 28 M ini, memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 18 knots, dan membawa ABK sebanyak 15 orang, serta mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari.

Sedangkan, Combat Boat AL D-18 memiliki spesifikasi panjang 18 meter, lebar 4,5 meter, dengan berat 20 ton dengan kecepatan maksimal 45 knots.

Selain itu, ada kegiatan tambahan setelah rangkaian acara tersebut yaitu Kasal mengunjungi Water Treatmen Plan, Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I dan ditutup dengan mengunjungi Satuan Ranjau (Satran) Koarmada I.

Turut hadir dalam acara tersebut, Irjenal Laksamana Muda TNI Suselo, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto (Han), Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, Kadiskomlekal Laksamana Pertama TNI Atok Dushanto, Kadisbekal Laksamana Pertama TNI Agus Karminto, Kadissenlekal Laksamana Pertama TNI Dono Herbowo (Han), Kadislaikmatal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, serta Kadismatal Laksamana Pertama TNI  Budi Sulistyo, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan serta para pejabat terkait lainnya. (ilham/PR)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook