Malam 1 Muharam, Polisi dari Polsek Batuampar Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Pawai Obor
Reporter : Koran Batam 31 Jul 2022, 22:07:04 WIB SENI DAN BUDAYA
Malam 1 Muharam, Polisi dari Polsek Batuampar Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Pawai Obor

Keterangan Gambar : Polisi di Sektor Batuampar tengah melakukan persiapan pengawalan dan pengamanan pawai obor masyarakat wilayah Batuampar, Sabtu (30/7/2022). /Polsek Batuampar.


KORANBATAM.COM - Pawai obor menjadi tradisi masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. Salah satunya pawai obor dilaksanakan di wilayah Kecamatan Batuampar, pada Sabtu (30/7/2022), berlangsung sangat meriah.

Dalam pawai obor bertajuk dengan semangat tahun baru hijriah kita tingkatkan ukhuwah menjaga persatuan dan kesatuan sesama umat, tak terlepas dari pengawalan dan pengamanan serta pengaturan lalu lintas (Lalin) kendaraan dari 13 personel Polisi dari Kepolisian Sektor (Polsek) Batuampar.

Pawai obor digelar masyarakat di Kecamatan Batuampar ini dimulai dari Jalan Sumber Agung, persisnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartini belakang Planet Holiday Hotel & Residence hingga Komplek Panorama Nagoya, Jodoh River, tepatnya samping Four Points by Sheraton Batam.

Keterangan gambar: Pelepasan pawai obor di Kecamatan Batuampar, Sabtu (30/7/2022). /Polsek Batuampar

Pesertanya merupakan warga dari Taman Pendidikan Qur'an (TPQ), pelajar atau umum dan Majelis Taklim.

“Semuanya kita terjunkan (personel) untuk pengamanan pawai obor di Kecamatan Batuampar agar berjalan aman dan kondusif,” ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Batuampar, Komisaris Polisi (Kompol) Salahuddin.

Menurut Salahuddin, kegiatan pawai obor tersebut merupakan tradisi masyarakat setempat yang masih dipertahankan setiap tahunnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar warga.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, di mana kegiatan di tahun baru Islam ini merupakan kearifan lokal yang sudah biasa dilakukan setiap tahun digelar oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Camat Batuampar, Tukijan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang ikut mendorong terlaksananya pawai obor tersebut.

“Alhamdulillah telah disepakati akan digelar di lokasi ini karena di tahun 2018, pawai pernah dilaksanakan di sini. Ada 70 group, setiap group terdiri 20 orang dan tahun depan, akan kita persiapkan lebih matang lagi karena tingginya antusias masyarakat untuk ikut serta dalam gebyar pawai obor,” ujarnya.


(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;