Meresahkan Masyarakat, Sempat Mangsa Seekor Anjing, Buaya Muara di Meral Diserahkan ke BKSDA Batam

Reporter : Koran Batam 19 Des 2020, 14:08:18 WIB KARIMUN
Meresahkan Masyarakat, Sempat Mangsa Seekor Anjing, Buaya Muara di Meral Diserahkan ke BKSDA Batam

Keterangan Gambar : Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan (kiri) saat melihat buaya muara yang berhasil diamankan. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, KARIMUN - Buaya muara berukuran diameter kurang lebih 2,4 meter yang sempat membuat resah warga masyarakat di Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diserahkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Batam guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Informasi yang diterima KORANBATAM.COM, buaya muara tersebut sempat memangsa seekor anjing milik warga sekitar yang tidak jauh dari lokasi perusahaan PT KMS yang berada diperairan laut.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Karimun, AKBP Muhammad Adenan, SIK mengatakan bahwa kejadian tersebut berawal dari Bripka Erik Rizal yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Parit Benut Kecamatan Meral, Karimun, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, adanya buaya yang muncul di wilayah tersebut.

“Dengan hal tersebut dilakukan upaya dengan membuat perangkap. Sebelumnya ada seekor anjing milik warga yang dimangsa oleh buaya itu. Jadi, Bhabinkamtibmas kita bersama dengan karyawan perusahaan berupaya membuat perangkap pada Rabu (16/12/2020) lalu dan hal tersebut berhasil dan kemudian buaya muara tersebut kita amankan,” ujarnya.

Dikatakan Kapolres Karimun, hal tersebut dilakukan sebagai langkah-langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan apalagi menimbulkan korban dari manusia.

“Buaya yang berhasil diamankan ini ukurannya lebih kurang 2,4 meter jenis buaya muara dalam kondisi baik. Dan berdasarkan hasil koordinasi kita semua karena di Karimun tidak ada tempat penangkaran, maka hari ini kita serahkan kepada pihak BKSDA Kota Batam,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Karimun berpesan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada. Apabila jika adanya informasi lagi, silahkan melakukan komunikasi kepada Bhabinkamtibmas maupun Polsek terdekat agar dapat dilakukan upaya-upaya sebelum menimbulkan korban jiwa.

“Buaya ini nantinya dibawa oleh pihak BKSDA Kota Batam menggunakan Kapal Roro,” tandasnya.

 

(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook