Dankor Brimob Polri: Pasukan Gegana Adalah Andalan Korps Brimob Polri

Reporter : Koran Batam 28 Nov 2020, 20:04:21 WIB NASIONAL
Dankor Brimob Polri: Pasukan Gegana Adalah Andalan Korps Brimob Polri

Keterangan Gambar : Foto bersama usai melaksanakan syukuran HUT ke-46 Pasukan Gegana Korps Brimob Polri di Mako Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kepri. (Foto : Sat Brimob Polda Kepri)


KORANBATAM.COM, BATAM - Pasukan Gegana Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ke depan dapat menjadi pasukan andalan Korps Brimob Polri khususnya dalam menyelesaikan permasalahan di dalam negeri hingga dapat mengharumkan nama Polri terlebih Korps Brimob dan jadikan sebuah tugas sebagai suatu kebanggaan serta isilah dengan kemampuan akan jadi bekal pelaksanaan tugas.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Korps (Dankor) Brimob Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Irjen Pol Drs Anang Revandoko melalui amanat yang dibacakan oleh Wakil Komandan Korps (Wadankor) Brimob Polri, Brigjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Pasukan Gegana Korps Brimob Polri diadakan secara virtual terpusat di Korps Brimob Polri serentak se-Indonesia, pada Jumat (27/11/2020).

“Gegana telah tumbuh dan berkembang tidak lepas dari sejarah perjalanan fisik Polri. Dalam perjalanannya Gegana telah mewujudkan eksistensinya keberhasilan operasi penanganan terorisme, Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB dan turut berperan aktif dalam dampak penanganan wabah pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 melalui kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, edukasi Protokol Kesehatan serta bhakti sosial (Bhaksos),” kata Brigjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Lebih jauh dikatakannya bahwa, 46 tahun silam, tepatnya tanggal 27 November 1974, merupakan hari bersejarah lahirnya kesatuan elite Polri dibawah naungan Korps Brimob Polri yakni Satuan Gegana.

Lanjutnya, Gegana lahir dalam rahim saat sejarah bangsa penuh teror dan benturan peradaban. Bermula dari adanya kejadian yang menggemparkan seantero jagat raya dengan peristiwa pembajakan pesawat udara di Australia pada tahun 1974, adalah awal tonggak berdirinya Satuan Gegana Korps Brimob Polri.

“Guna mengantisipasi terulangnya kembali peristiwa pembajakan tersebut terhadap keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka dibentuklah satuan Gegana dengan tugas pokok kala itu sebagai Pasukan Khusus Anti Pembajakan Pesawat Udara (ATBARA),” ujar Wadankor Brimob Polri.

Gegana merupakan realisasi fisik dari instruksi Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhan), Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan Instruksi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) saat itu untuk membentuk pasukan khusus Polri dengan kemampuan penanggulangan kejahatan pembajakan maupun sabotase di udara dan laut serta kejahatan terorisme internasional.

Bertempat di Markas Komando (Mako) Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), tepatnya di Jalan Trans Barelang, Tembesi, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), diadakan serangkaian acara guna memperingati hari jadi pasukan khusus Polri dengan julukan walet hitam tersebut.

 

Keterangan gambar : Peringati HUT ke-46 Pasukan Gegana Korps Brimob Polri di Mako Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kepri. (Foto : Sat Brimob Polda Kepri)

Pelaksanaan acara itu dipimpin oleh Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu, S.I.K, M.Si yang dilaksanakan secara sederhana dan khidmat yang hanya diikuti Intern personel Satbrimob Polda Kepri dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19.

“Dirgahayu Pasukan Gegana ke 46, teruslah kepakkan sayapmu sang walet hitam dengan penuh semangat, ikhlas dan kerelaan berkorban. Terbanglah melanglang buana di awang-awang tanpa batas. Terjanglah petir, kilat dan hujan, hadapi rintangan dan bahaya untuk wujudkan cita-cita. Jaya selalu, salam Obro Markoto (api yang tidak kunjung padam,” ujar Orang Nomor Satu di Korps Brimob Polda Kepri.

 

(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook