DPW Nasdem Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Calon Gubernur Kepri

Reporter : Koran Batam 18 Okt 2019, 19:57:15 WIB BATAM
DPW Nasdem Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Calon Gubernur Kepri

Keterangan Gambar : foto batamtoday.com


KORANBATAM.COM, Batam - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), resmi membuka pendaftaran bagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Demikian halnya dengan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam untuk Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Penjaringan Pilkada Batam dan Kepri DPW Nasdem Kepri, Wan El Kenz menjelaskan adanya keputusan membuka penjaringan ini merupakan salah satu poin penting dalam rapat kerja wilayah (Rakerwil) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan peraturan organisasi, DPW Partai Nasdem Kepri maupun DPD, wajib membuka pendaftaran atau penjaringan cagub maupun cawako Batam," ujarnya saat ditemui di Kantor DPW Nasdem, Jumat (18/10/2019).

Selain itu, salah satu keputusan dalam Rakerwil tersebut adalah membuka penjaringan bagi dua Kabupaten/Kota. Yang sebelumnya hanya mengandalkan kader yang dianggap berpotensi.

"Yang kami maksud adalah Lingga dan Batam, dimana seharusnya untuk dua Kabupaten ini tidak dilakukan penjaringan dan hanya mengusung kader internal," paparnya.

Adapun penjaringan sendiri dilakukan dalam dua kategori, yakni penjaringan bagi internal dan juga bagi para calon kader dari eksternal. Untuk kategoti umum sendiri, ia juga mengeaskan tidak aadanya pembatansan selama para calon kader memenuhi beberapa persyaratan.

Persyaratan yang dimaksud diantanya tingkat kesukaan atau elektabilitas, aksetabilitas, tingkat keterimaan serta memiliki mobilisasi logistik untuk pendaftar.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Tim Penjaringan, Dewi Sucowati menyatakan untuk waktu pendaftaran sendiri dimulai dari tanggal 21 Oktober hingga 6 November 2019.

"Tapi untuk pengambilan berkas kita berikan tengat waktu hanya sampai tanggal 1 November saja. Apabila melewati waktu itu, tidak akan kita layani lagi," ungkapnya.

Nantinya seluruh formulir pendaftaran yang telah dikembalikan, akan dibahas dalam Kongres DPP yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 November mendatang. Dewi juga menambahkan, bahwa dalam tim penjaringan ini terdiri dari 7 orang yang akan bertanggungjawab penuh dalam prosesnya.

"Kami menggunakan asas terbuka untuk siapapun boleh mendaftar sebagai kandidat di pilwako Batam maupun pilgub Kepri," tuturnya.

Sesuai dengan semangat Partai Nasdem, Dewi juga menambahkan bahwa selama para calon memenuhi unsur yang dusah ditentukan. Tidak akan adanya sistem mahar yang akan diminta oleh pihak partai.

"Bahkan untuk materai sendiri kami sediakan, yang penting para calon harus membawa seluruh dokumen kelengkapan saja," tutupnya.(batamtoday.com/red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook