Harga Jualan Pasar Toss 3000 Jodoh Terpantau Stabil, Namun Sepi

Reporter : Koran Batam 16 Okt 2020, 20:33:46 WIB EKONOMI
Harga Jualan Pasar Toss 3000 Jodoh Terpantau Stabil, Namun Sepi

Keterangan Gambar : Suasana aktivitas di Pasar Tos 3000 Jodoh Batam, Kota Batam, Jumat (16/10/2020) pagi. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)


KORANBATAM.COM, BATAM - Menjelang memasuki akhir tahun, harga kebutuhan pokok seperti daging ayam dan sapi di Pasar Tos 3000 Jodoh Batam, Kota Batam, masih terbilang normal. Belum ada kenaikan yang signifikan, hanya saja terjadi penurunan penjualan diakibatkan lemahnya perekonomian oleh pandemi Covid-19 yang melanda.

Hal itu disampaikan oleh, salah satu pedagang berbagai daging di pasar Tos 3000 Jodoh Batam, Parlin.

Menurut Parlin, harga daging masih terbilang stabil. Yang menjadi faktor kenaikan dikarenakan tingkat kesusahan kapal yang masuk ke Batam.

“Masih stabil bang, belum ada kenaikan. Yang buat kenaikan biasanya, tingkat kesusahan kapal masuk ke Batam. Alhamdulillah sekarang sudah lancar, baik dari Kepulauan Riau (Kepri), daratan Sumatra, Jawa, Kalimantan, Surabaya maupun berbagai daerah lain,” kata Parlin, Jumat (16/10/2020) pagi.

Sementara, kata Parlin, harga daging ayam segar berada di angka Rp 34.000 ribu rupiah, naik dua ribu setelah dua minggu belakang ini berada di harga Rp 32.000 ribu rupiah.

Sedangkan daging ayam es, masih Parlin, harganya masih tetap yakni Rp 30.000 ribu rupiah per kilogram. Untuk harga daging sapi es berada di angka Rp 80.000 ribu rupiah per kilogram, turun lima ribu setelah sebelumnya Rp 85.000 ribu rupiah, dan daging sapi segar dijual seharga Rp 140.000 per kilogramnya.

“Untuk daging sapi, ada penurunan harga sampai saat ini,” ujarnya.

Dikatakannya, harga jual terpantau stabil namun tingkat penjualan berkurang. Ia juga mengeluhkan penurunan penjualan tersebut diakibatkan lemahnya perekonomian oleh pandemi.

“Sejak ada corona ini, penjualan mulai berkurang. Tidak signifikan tapi cukup terasa. Karena kalau dibilang sepi, ya tidak juga, karena setiap hari pasti masyarakat banyak yang makan ayam dan daging. Para pedagang makanan juga masih order, namun dengan jumlah yang berkurang dari biasanya,” kata dia.

Pantauan di lokasi, kondisi pasar Tos 3000 Jodoh Batam terpantau sepi dan tidak banyak aktivitas transaksi. Sejumlah pedagang lainnya tampak bersantai sembari menunggu pembeli datang.
 

 

(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook