Ketika Istri-istri Polisi Ranting Bengkong Beri Imunisasi Polio hingga Menimbang Balita di Posyandu Mawar 35
Reporter : KORANBATAM.COM 09 Des 2022, 15:01:48 WIB KESEHATAN
Ketika Istri-istri Polisi Ranting Bengkong Beri Imunisasi Polio hingga Menimbang Balita di Posyandu Mawar 35

Keterangan Gambar : Suasana di Posyandu RW 14 Mawar 35Tanjungbuntung, Bengkong, Batam, ketika para istri polisi Ranting Bengkong hadir di tengah-tengah masyarakat, Jumat (9/12/2022). /Polsek Bengkong


KORANBATAM.COM - Bagi sebagian warga mungkin tidak tahu apa itu Bhayangkari dan juga tugas-tugasnya. Di samping mendampingi suaminya yang merupakan anggota polisi, Bhayangkari juga punya peranan penting baik di dalam maupun di luar organisasinya itu.

Bhayangkari merupakan organisasi perkumpulan istri-istri polisi dari level bintara hingga perwira. Selain itu, sebagai sebuah organisasi, Bhayangkari memiliki banyak kegiatan positif, di antaranya kegiatan-kegiatan sosial.

“Kegiatan-kegiatan sosial kita cukup banyak. Di samping kita (Bhayangkari Ranting Bengkong) juga mensejahterakan anggotanya. Kita tidak ada mengkotak-kotakkan ini istri perwira atau bukan dan tidak membedakan pangkat suaminya,” jelas Ketua Ny. Novita Mardalis kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).

Novita mengatakan, salah satunya ialah mengikuti kegiatan bersama kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di RW 14 Mawar XXXV (35) Kelurahan Tanjungbuntung, Bengkong, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) seperti penimbangan berat badan balita dan ibu hamil, pengukuran tinggi badan, pencatatan, pelayanan, penyuluhan, imunisasi, pemberian makanan tambahan (PMT) dan juga melihat langsung tumbuh kembang anak dan bayi.

“Hari ini kami hadir di tengah-tengah masyarakat di Kelurahan Tanjungbuntung sebagai wujud perhatian Bhayangkari Ranting Bengkong agar balita mendapatkan tumbuh kembang dengan baik, sehat dan mendapatkan gizi yang cukup,” imbuhnya.

Menariknya, para istri-istri Polisi Ranting Bengkong ini menyempatkan diri untuk menimbang badan balita, pengukuran tinggi badan hingga memberikan imunisasi polio.

Keterangan gambar: Ketua Ny. Novita Mardalis (tengah), terlihat sedang menimbang balita di Posyandu RW 14 Mawar 35 Tanjungbuntung, Bengkong, Batam, Jumat (9/12/2022). /Polsek Bengkong

Kehadiran mereka juga disambut hangat kaum ibu dan anak-anak yang berebut hanya untuk dapat bersalaman dengan Ny. Novita Mardalis dan Wakilnya, Ny. Sumarni Djulmi Aswirman beserta anggota lainnya.

Kegembiraan juga terpancar dari raut wajah salah seorang warga setempat. Dia mengaku senang karena anak semata wayangnya, mendapat imunisasi langsung dan digendong oleh istri dari Kapolsek Bengkong itu.

“Kita kompak di bidang sosial. Semoga ke depannya, kegiatan-kegiatan sosial Bhayangkara Ranting Bengkong dapat memberikan manfaat bagi orang di sekitarnya,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Bengkong, Iptu Mardalis berharap Posyandu di Mawar 35 Kelurahan Tanjungbuntung terus berperan dalam penurunan tengkes (stunting) pada balita.

Mardalis yakin dengan adanya langkah yang diambil oleh Bhayangkari Ranting Bengkong bersama kader posyandu mawar 35 Kelurahan Tanjungbuntung, Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, maka konvergensi percepatan penurunan tengkes pada balita bisa terwujud.

“Pelayanan posyandu harus ditingkatkan. InsyaAllah langkah yang dilakukan Bhayangkari Ranting Bengkong di sini, dibantu dengan kader posyandu, Puskesmas dan Dinkes Batam mudah-mudahan warga bisa teredukasi untuk memvalidasi kembali pengukuran berat badan dan tinggi badan balita yang sudah dilakukan di posyandu,” ujarnya.

Turut mendampingi kegiatan Ketua Ny. Novita Mardalis, di antaranya Wakil Ketua Ranting Bhayangkari Bengkong, Ny. Sumarni Djulmi Aswirman dan perwakilan anggota lainnya.

 

(iam)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;