Kogabwilhan I Buka Paparan Rencana Komando Utama Operasi

Reporter : Koran Batam 10 Nov 2020, 07:03:55 WIB TANJUNGPINANG
Kogabwilhan I Buka Paparan Rencana Komando Utama Operasi

Keterangan Gambar : Rapat paparan draf rencana operasi Komando Utama Operasi (Kotama Ops) jajaran Kogabwilhan I di ruang rapat Makogabwilhan I, Jalan MT Haryono Km 3 Tanjungpinang, Senin (09/11/2020). (Foto : Kapen Kogabwilhan I untuk KORANBATAM.COM)


KORANBATAM.COM, TANJUNGPINANG - Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafruddin S.E.,M.M., M.Tr (Han) membuka rapat pada paparan draf rencana operasi Komando Utama Operasi (Kotama Ops) jajaran Kogabwilhan I sekaligus memimpin rapat di ruang rapat Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Makogabwilhan I) Jalan MT Haryono Km 3 Tanjungpinang pada Senin (09/11/2020).

Dalam rapat, Kas Kogabwilhan I, Mayjen TNI Syafruddin mengatakan bahwa, kegiatan paparan draf rencana operasi Kotama Ops ini adalah tindaklanjut dari pembentukan awal Kogabwilhan yang dilatarbelakangi dengan semakin kompleknya ancaman saat ini, dimana Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus dapat mengendalikan operasi-operasi yang sedang digelar.

Menyikapi hal tersebut, lanjut Mayjen TNI Syafruddin, maka dibentuklah Kogabwilhan TNI sebagai Kotama Ops yang merupakan perpanjangan tangan Panglima TNI dalam pengendalian operasi.

“Dasar pembentukan Kogabwilhan adalah Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Kogabwilhan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer (Korem) dari tipe B menjadi tipe A serta Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 29 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tugas Kogabwilhan,” ujar Mayjen Syafruddin, Senin (9/11/2020) kemarin.

Dijelaskan Kas Kogabwilhan l, dimana didalamnya tercantum tugas pokok Kogabwilhan adalah sebagai penindak awal bila terjadi konflik di wilayahnya baik untuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan sebagai kekuatan penangkal bila terjadi ancaman dari luar serta pemulihan kondisi keamanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

“Adapun Kogabwilhan memiliki fungsi utama dalam penyiapan kekuatan, pertempuran dan administrasi. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua (2) hari dan diikuti oleh seluruh Asisten Kas Kogabwilhan I dan para Asisten Operasi (Asops) Kotama dibawah wilayah Operasi  Kogabwilhan I yakni Asops Kodam Iskandar Muda, Asops Kodam I/BB, Asops Kodam II/Slw, Asops Kodam III/Swj, Asops Kodam Jaya, Asops Kodam XII/Tpr, Asops Koarmada I, Asops dan Asops Koopsau I,” jelasnya.

Masih dikatakan Kas Kogabwilhan I bahwa, kedudukan Makogabwilhan I saat ini berada di Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri) dengan wilayah tanggung jawab operasi meliputi seluruh Pulau Sumatera, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Banten, Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 dan perairan sekitarnya serta wilayah udara di atasnya.

Sedangkan satuan yang terlibat dalam eselon pelaksana dibawah kendali Kogabwilhan I, lanjutnya, meliputi tujuh (7) satuan unsur darat, sembilan (9) satuan unsur laut dan 25 satuan unsur udara,” tandas Kas Kogabwilhan I, Mayjen TNI Syafruddin.

Informasi yang diterima, pada kegiatan itu juga dilaksanakan sesi berfoto bersama dengan Panglima Komando Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Laksamana Madya (Laksdya) TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E.,M.M.,.
 

(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook