Koordinasi dengan LAM, Polsek Siantan Pugar Makam Tua
KORANBATAM.COM 18 Mar 2024, 21:14:49 WIB
ANAMBAS
Koordinasi dengan LAM, Polsek Siantan Pugar Makam Tua

Keterangan Gambar : Personil Polsek Siantan bersama masyarakat bersihkan Makam Tua, Senin(18/3/2024). /1st


KORANBATAM.COM - Polsek Siantan terlihat sedang membersihkan dan melakukan pemugaran sebuah makam tua yang ada di Wilayah Tarempa tepatnya bersebelahan dengan RSUD Tarempa, Senin 18 Maret 2024.

Kapolsek Siantan, Iptu Gunawan Husein mengatakan, pemugaran ini dilakukan atas dasar perintah Kapolres Kepulauan Anambas yang tergerak hatinya saat melihat sebuah makam tua yang ada disana dengan kondisi yang terlihat tidak terurus.

"Kegiatan ini dilaksanakan karena tergerak hati pimpinan kami dalam hal ini pak Kapolres yang melihat makam disini yang dianggap sebagai makam tua yang terkesan kurang bersih dan sedikit kumuh," ucap Iptu Gunawan Husein.

Iptu Gunawan menyampaikan, melihat kondisi makam yang kurang terawat tersebut, Kapolres langsung meminta atau memberi perintah kepada Polsek Siantan untuk melakukan pemugaran terhadap makam tua itu.

"Beliau memerintahkan atau menggugah ke kami, tolonglah itu ada makam yang sudah dianggap tua, apa salahnya kita bersihkan dan kita rapikan mumpung di bulan suci Ramadhan," sebutnya.

Dari pantauan media ini, terlihat beberapa personil Polsek Siantan sedang mengganti atap seng dan mengecat ulang pendopo makam keramat tersebut.

Tak hanya itu, Iptu Gunawan juga memaparkan, akan mengganti plafon yang sudah roboh dan membersihkan lantai agar terlihat lebih bersih dan segar.

"Lantainya nanti juga akan kita bersihkan, kemudian plafon yang roboh nanti akan kita ganti. Seng sudah kita ganti dan nanti kita akan cat ulang agar nampak lebih segar dengan tidak merubah bentuk asli dari makam tersebut," ungkapnya.

Polsek Siantan juga telah berkoordinasi dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas saat melakukan pemugaran makam tersebut untuk bertanya tentang makam tersebut makam siapa.

Dan apabila sudah mendapatkan informasi yang pasti tentang makam tersebut, Polsek Siantan merencanakan akan membuat sebuah papan plang di makam tua itu.

"Kita berkoordinasi dengan LAM terkait makam ini dan kita menunggu informasi yang pasti tentang makam ini. Bila perlu nanti kalau sudah mendapatkan informasi yang pasti, kita akan bikin papan plang disini," tuturnya.

Untuk itu, Iptu Gunawan pun mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Anambas untuk sama-sama peduli dan turut melestarikan makam tersebut karena itu merupakan nilai sejarah.

"Kalau sudah dianggap makam tua ya apa salahnya kalau kita masyarakat disini sama-sama peduli turut melestarikannya, karena ini juga merupakan nilai sejarah disini," pungkasnya.

 

(red)




Layanan Virtual PLN Batam Layanan Virtual PLN Batam- -
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;