Ombak Mulai Tinggi, Stok Sembako Masih Aman

Reporter : Koran Batam 01 Des 2019, 20:41:07 WIB ANAMBAS
Ombak Mulai Tinggi, Stok Sembako Masih Aman

KORANBATAM.COM, Anambas – Memasuki musim Utara Kabupaten Kepulauan Anambas dan Natuna sangat berpengaruh, sebab kapal pengangkut bahan sembako yang biasanya berlayar dari Tanjungpinang dipastikan tidak akan beroperasi pada musim Utara ini. Sebagai daerah kepulauan tentunya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah memperkirakan hal ini dan Disperidagkop Pemkab Anambas sebelumnya telah melakukan rapat koordinasi mengantisipasi musim Utara ini.

“Stok sembako selama musim Utara ini masih aman. Selain kemungkinan terjadinya ombak yang tinggi kita sudah koordinasi dengan pengusaha agar membuat stok lebih banyak karena transportasi laut sulit untuk diprediksi berlayar atau tidak nanti,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Koperasi dan UKM Pemkab Anambas, Usman kepada wartawan baru-baru ini.

Usman juga menyebutkan,selain melakukan penimbunan stok bahan sembako, Disperindagkop Anambas juga masih tetap koordinasi dengan kapal Tol Laut yang diperkirakan tetap melakukan pelayaran kendati musim Utara berlangsung.

“Tol Laut sepertinya masih tetap jalan walaupun ombak tinggi karena kapal tersebut lumayan besar. Sehingga dengan adanya transportasi itu masyarakat jangan terlalu khawatir akan stok sembako,”katanya.

Sementara diperoleh ini formasi dari Forecaster BMKG Tarempa menyebutkan dalam prediksi empat hari kedepan jika wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas di prakiraan kelembaban udara yang tinggi didukung dengan adanya pola siklonik dekat di wilayah Kepulauan Riau menyebabkan adanya pengumpulan massa udara di wilayah Kepulauan Riau.

Hal ini berdampak pada bertambahnya peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau. Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi yang dapat mencapai 3,0-3,5 meter di wilayah perairan Utara Kep. Natuna dan Kep. Anambas.

“Kita ingatkan agar masyarakat yang memiliki aktifitas dilaut agar waspada. Gelombang kedepa dalam empat hari ini sudah mulai tinggi sekitar 3 sampai 3,5 meter,” kata Noah D Ginting kepada media ini, Minggu(1/12/2019).(Hairol)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook