POM TNI Gabungan Periksa Kendaraan Masuk menuju Kapal RoRo di Pelabuhan Telaga Punggur Batam
KORANBATAM.COM 12 Apr 2023, 10:31:17 WIB
BATAM
POM TNI Gabungan Periksa Kendaraan Masuk menuju Kapal RoRo di Pelabuhan Telaga Punggur Batam

Keterangan Gambar : Operasi Gaktib Waspada Wira Elang POM TNI gabungan di Pelabuhan Telaga Punggur, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/4/2023). /iam/KORANBATAM.COM


KORANBATAM.COM - Satuan Polisi Militer (Satpom) gabungan dari TNI Angkatan Udara (AU), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Darat (AD) melakukan pemeriksaan kendaraan penumpang yang masuk menuju ke kapal RoRo di Pelabuhan Telaga Punggur, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/4/2023).

Pemeriksaan yang dilakukan secara presedur, humanis, ramah dan tegas ini terangkum dalam Operasi Gaktib (Penegakan Ketertiban) Kepolisian Militer Waspada Wira Elang.

Operasi yang dimulai dari pukul 09.00 WIB tersebut, dipimpin oleh Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Hang Nadim, Kapten Pom Hendrik Yoneska.

Berdasarkan hasil pemantauan, kendaraan pribadi dan angkutan barang baik roda dua dan empat diperiksa satu persatu oleh petugas POM TNI gabungan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Keterangan gambar: POM TNI gabungan periksa bagasi mobil kendaraan pribadi, saat masuk menuju ke kapal Roro di Pelabuhan Telaga Punggur, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/4/2023). /iam/KORANBATAM.COM

Tampak sejumlah petugas juga terlihat memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan dan barang bawaan calon penumpang kapal Roro. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan mengantisipasi gangguan keamanan menjelang Lebaran 1444 H.

“Hari ini kita melaksanakan penertiban pada suasana menjelang arus mudik lebaran. Ini kita lakukan untuk menciptakan suasana aman dan lancar terhadap gangguan, baik berupa ancaman, bahan peledak, narkoba bahkan penyelundupan ilegal lainnya yang bisa menghambat lajunya kapal,” kata Dansatpom Lanud Hang Nadim, Kapten Pom Hendrik kepada koranbatam.com, dalam keterangannya.

Kapten Pom Hendrik menyatakan, polisi militer siap meningkatkan ketaatan hukum, disiplin, dan tata tertib prajurit.

“Untuk hari ini kita bersifatnya sosialisasi, dan memberitahukan imbauan kepada calon penumpang kapal roro,” ujarnya.

Dalam razia ini, POM TNI juga melibatkan sejumlah petugas terkait lainnya, seperti Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP), Dinas Perhubungan (Dishub) Batam dan Kepala Pos (Ka Pos) Pengamanan Pelabuhan.

Keterangan gambar: POM TNI Lanud Hang Nadim periksa barang dan kendaraan sepeda motor yang akan masuk menuju ke kapal Roro di Pelabuhan Telaga Punggur, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/4/2023). /iam/KORANBATAM.COM

Sementara, sasaran dalam operasi Gaktib ini terfokus kepada anggota prajurit TNI, terkhususnya TNI AU Lanud Hang Nadim dan masyarakat sipil yang ingin mengganggu kenyamanan di pelabuhan. Hasilnya, petugas tidak menemukan pelanggaran saat pemeriksaan.

“Untuk yang ditemukan nihil, dan pelanggaran pun tidak ada,” sebutnya.

Hendrik menambahkan, giat operasi POM gabungan itu akan dilakukan berkelanjutan, namun tidak terjadwal agar tidak terbaca oleh para oknum yang ada niat untuk berbuat pelanggaran dan kejahatan.

“Ini akan menjadi rutinitas kita (gabungan) ke depannya. Nah untuk pelaksanaannya ngacak, karena kita lebih bersifat perintah pimpinan dan kita tidak mau dibaca oleh orang yang ingin melakukan kejahatan,” tandasnya.


(iam)




Layanan Virtual PLN Batam Layanan Virtual PLN Batam- -
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;