Tim Gugus Tugas Covid-19 Anambas Putuskan Tidak Tutup THM dan Restoran

Reporter : Koran Batam 08 Nov 2020, 21:29:10 WIB ANAMBAS
Tim Gugus Tugas Covid-19 Anambas Putuskan Tidak Tutup THM dan Restoran

Keterangan Gambar : Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19, Sahtiar (batik biru, kanan) saat berada di Pelabuhan Beton Pelni, Tarempa, pada Rabu (17/6/2020) lalu. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, ANAMBAS - Untuk menjaga roda perekonomian tetap berjalan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Anambas sampai saat ini masih memperbolehkan tempat hiburan malam (THM) dan restoran selagi melaksanakan Protokol Kesehatan.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19, Sahtiar mengatakan, untuk restoran, warung makan dan kedai kopi tetap diberikan toleransi membuka usahanya namun mereka diminta agar ketat dalam melaksanakan Protokol Kesehatan. Para pengusaha diimbau agar membuat kursi dan meja pengunjung dengan jarak dan disarankan agar pesanan dibungkus.

“Untuk menjaga perputaran ekonomi seperti daerah lain juga melaksanakannya, namun kita minta ada kesadaran masyarakat yang tinggi untuk selalu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun,” ujar Sahtiar kepada media ini, Sabtu (7/11/2020).

Sahtiar juga menyampaikan bahwa, bagi warga yang tidak ada keperluan agar tetap berada di dalam rumah. Hal ini dilakukan, untuk menjaga penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Dia meminta kerjasama seluruh lapisan masyarakat, untuk mengatasi adanya warga yang terpapar Covid-19.

“Gugus Tugas Covid-19 Anambas tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan kerjasama semua lapisan masyarakat. Jika memang tidak ada keperluan yang mendesak, lebih baik dirumah saja. Jika keluar rumah, wajib pakai masker, ini untuk kepentingan kita bersama, mari kita sama-sama menjalankan Protokol Kesehatan agar wabah ini bisa kita atasi,” katanya.

Sahtiar juga berharap, dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap warga yang kontak dengan yang telah terpapar, agar memeriksakan kesehatan kerumah sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal ini dilakukan, agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Bagi warga yang pernah kontak dekat dengan pasien yang telah terpapar Covid-19, agar suka rela memeriksakan kesehatannya, minimal lakukan rapid test. Ini untuk menjaga agar tidak menyebar virus corona ini, saya yakin kalau kita bersama-sama, pasti bisa mengatasi ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, adapun warga Anambas yang terpapar Covid-19 adalah bernama inisial BN, S, AI, TW dan H. Kelima warga Anambas yang terpapar Covid-19 itu, saat ini sudah menjalani perawatan dan isolasi.


(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook