Usai Takbiran, Warga Batam Berburu Kuliner di Engku Hamidah Holiday
KORANBATAM.COM 16 Jun 2024, 21:52:14 WIB
PARIWISATA
Usai Takbiran, Warga Batam Berburu Kuliner di Engku Hamidah Holiday

Keterangan Gambar : di event bazar kuliner Engku Hamidah Holiday, Batam Center, Minggu (16/6/2024). /Disbudpar Batam


KORANBATAM.COM - Ribuan warga Batam meramaikan malam takbiran bersama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di Dataran Engku Putri, Minggu (16/6/2024) malam. Usai takbiran, warga berburu kuliner di Engku Hamidah Holiday.

Bazar kuliner dalam rangka memeriahkan malam takbiran ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam yang berlangsung sejak tanggal 14 sampai 18 Juni 2024.

“Ini pertama kali kami gelar untuk memeriahkan menyambut Lebaran Iduladha tahun ini di Batam,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata.

Kata Ardiwinata, event Engku Hamidah Holiday akan digelar rutin setiap menyambut Iduladha di Batam.

“Dengan event ini, masyarakat bisa merayakan malam takbiran sambil berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” katanya.

Ia berharap, dengan event ini pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam makin tumbuh dan menjadi andalan Batam dalam mengumpulkan pendapatan asli daerah.

“Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ayo berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” ujar dia.

Sebelumnya, pawai takbir malam Iduladha 1445 Hijriah tingkat Kota Batam berlangsung meriah. Ribuan warga tumpah ruah ikut bertakbir hingga menyaksikan kendaraan hias di Dataran Engku Hamidah, Batam Center tersebut.

Pawai takbir yang dimeriahkan kendaraan hias itu diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam hingga sejumlah organisasi masyarakat, masjid, musala dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Secara resmi, kendaraan hias itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Sebelum melepas mobil hias, Rudi memimpin takbiran bersama ribuan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Iduladha tingkat Kota Batam tersebut.

Rudi terlihat khusyuk mengumandangkan takbir, tasbih maupun tahmid. Kumandang takbiran itu diiringi pejabat hingga masyarakat Batam yang hadir di malam itu.

Usai bertakbir, secara beriringan, mobil hias mulai bergerak menelusuri rute yang ditetapkan. Sejumlah bentuk seperti kapal, masjid dan berbagai bentuk lainnya sukses membuat pengunjung terpukau.

“Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. Mewakili Pemkot Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam menyampaikan mohon maaf lahir dan batin,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Kota Batam, Salim melaporkan, lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp38 juta dengan rincian juara 1 akan mendapat Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, juara 4 sebesar Rp6 juta dan juara favorit Rp2 juta.

“Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 86 peserta,” ujar Salim yang juga sebagai Kepal Dinas Perhubungan (Dishub) Batam tersebut.

Selain itu, ia juga melaporan terkait pelaksanaan salat Iduladha dan pelaksanaan kurban di Batam. Untuk pelaksaan salat akan dilaksanakan di 903 titik dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah serta Masjid Baiturrahman Sekupang.

“Untuk hewan kurban, total ada 4.986 ekor dengan rincian 1.491 sapi dan 3.495 kambing,” imbuhnya. (*)




Layanan Virtual PLN Batam Layanan Virtual PLN Batam
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;