Lantamal IV, Gelar Latihan Hanlan dan Bahaya Kebakaran

Reporter : Koran Batam 28 Nov 2019, 21:25:57 WIB KEPRI
Lantamal IV, Gelar Latihan Hanlan dan Bahaya Kebakaran

Keterangan Gambar : Prajurit Lantamal IV sedang latihan memadamkan api (foto:Dispenal)


KORANBATAM.COM, Tanjungpinang – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Lantamal) IV, kembali menggelar latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) dan Bahaya Kebakaran, yang berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jl Yos Sudarso, No 1, Batu Hitam, Tanjungpinang,  Kepulauan Riau, Kamis (28/11/2019).

Lantamal IV, melalui Ruang Kendali Utama mendapat informasi dari Komando Armada (Koarmada) I, bahwa ada konvoi musuh mendekati laut teritorial disebelah Utara Pulau Bintan, dan akan melaksanakan serangan terhadap Lantamal IV (dalam skenario latihan yang digambarkan).

Informasi tersebut, segera ditindaklanjuti oleh Komadan Lantamal (Danlantamal) IV, untuk segera melaksanakan Pertahanan Pangkalan guna menghadapi ancaman yang akan datang, baik dari darat, laut maupun udara.

Mendapat informasi dari Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), melalui Satuan Radar (Satrad) 213 TNI Angkatan Udara Bintan, bahwa telah terdeteksi 1 spot kontak udara yang diidentifikasi sebagai pesawat musuh mendekati Mako Lantamal IV Tanjungpinang.

Dengan adanya informasi tersebut maka di Mako Lantamal IV dilaksanakan peran tempur bahaya udara karena sudah terlihat dari Mako Lantamal IV dan terdengar dua pesawat musuh melintas dari Utara ke Selatan dan dari Barat ke Timur.

Akibatnya, terjadi baku tembak antara pesawat tempur musuh dengan pasukan dari Lantamal IV, dengan menggunakan  meriam penahan serangan udara. Akhirnya satu pesawat musuh berhasil ditembak oleh pasukan dari Lantamal IV dan jatuh tepat atas gudang Dinas Perbekalan (Disbek) Lantamal IV.

Disana terjadi kebakaran yang cukup hebat serta menimbulkan kepulan asap hitam, sehingga perlu diberikan perintah untuk peran bahaya kebakaran. Prajurit Lantamal IV dengan sigap berhasil memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan mobil pemadam kebakaran.

Satu pesawat musuh dilaporkan berhasil dihalau oleh pasukan dari Lantamal IV dan mengalami kerusakan mesin sehingga pesawat musuh tersebut terjatuh kelaut.

Kerugian dari serangan musuh antara lain terdapat satu personil luka bakar, 14 tabung Co 2, 10 tabung Powder, 21 Bonpet, tiga unit komputer dan dua lemari arsip hangus terbakar, sedangkan keuntungannya pasukan Lantamal IV berhasil menembak dan menjatuhkan  dua pesawat musuh.

Latihan tersebut melibatkan, diantaranya personel dari Mako Lantamal IV, yang terdiri dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV, Polisi Militer (Pomal) Lantamal IV, Dinas Kesahatan (Diskes) Lantamal IV, Detasemen Markas (Denma) Lantamal IV, Satuan Komunikasi (Satkom) Lantamal IV,  Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IV serta dari Wing Udara 1. (ilham/red/PR)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook