Lionel Messi dan Pique, Penentu Kemenangan Barca Lawan Dynamo Kiev

Reporter : Koran Batam 05 Nov 2020, 09:41:23 WIB SPORT
Lionel Messi dan Pique, Penentu Kemenangan Barca Lawan Dynamo Kiev

Keterangan Gambar : Aksi Lionel Messi (kanan) pada laga ketiga Grup G Liga Champions yang mempertemukan Barcelona Vs Dynamo Kiev di Stadion Camp Nou, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB. (Foto : AFP/LLuis Gene)


KORANBATAM.COM - Tampil sangat dominan, Barcelona meraih kemenangan tipis 2-1 saat menjamu Dynamo Kiev. Lionel Messi dan Gerard Pique menentukan kemenangan Barca.

Barcelona menjamu Dynamo Kiev di Camp Nou, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB pada Matchday 3 Liga Champions. Blaugrana sudah memimpin di menit kelima berkat eksekusi penalti Lionel Messi.

Barca nyaman menguasai pertandingan, tapi kesulitan membongkar tumpukan pemain Dynamo di sekitar kotak penalti. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

 

Keterangan gambar : Selebrasi para pemain Barcelona usai mencetak gol ke gawang Dynamo Kiev di matchday 3 Liga Champions. (Foto : Getty Images/Eric Alonso)

Gol kedua baru didapatkan Barcelona di menit ke-65 melalui sundulan Gerard Pique. Akan tetapi 10 menit kemudian Dynamo menghidupkan kesempatan berkat gol Viktor Tsygankov.

Dynamo mencoba mendapatkan gol kedua lewat tusukan-tusukan ke belakang garis pertahanan Barcelona, namun tak berhasil. Barca pun menang 2-1.

Dengan hasil ini, Barcelona masih sempurna di tiga pertandingan pertama dan memimpin Grup G dengan sembilan poin. Juventus menempati posisi dua dengan enam poin, usai menang 4-1 atas Ferencvaros.

Dynamo dan Ferencvaros menempati urutan 3-4 dengan sama-sama mengumpulkan satu poin, hanya terpisahkan selisih gol.

 

Jalannya Pertandingan

Keterangan gambar : Statistik Pertandingan antara Barcelona dengan Dynamo Kiev.

Baru empat menit pertandingan berjalan, Barcelona sudah mendapatkan penalti. Lionel Messi diganjal Denys Popov saat berupaya merangsek.

Messi maju sebagai eksekutor dan sukses mencetak gol dengan tembakan ke pojok kanan gawang.

Barcelona nyaris mencetak gol kedua di menit ketujuh! Pedri melewati seorang bek Dynamo dan melepaskan tembakan yang cuma menghantam tiang gawang. Bola lantas disapu pertahanan Dynamo.

Bukan cuma menguasai bola, Barcelona juga menekan habis lawannya di awal laga. Ruslan Neshcheret menggagalkan tembakan Ansu Fati, lalu upaya dari Philippe Coutinho meluncur tipis ke kanan gawang.

Barcelona dengan cermat membangun serangan lain di menit ke-18. Serangkaian umpan membebaskan Messi untuk menusuk di sisi kiri di dalam kotak penalti dan mengarahkan tendangan mendatar. Neshcheret menepisnya.

Tekanan terus dilancarkan Barcelona ke pertahanan Dynamo. Namun tim tamu menumpuk pemain di kotak penalti, menyulitkan Blaugrana mencetak peluang bersih.

Setelah serangkaian upaya Barcelona kandas, Dynamo gantian menebar ancaman. Sundulan Vitaliy Buyalskiy dari tengah kotak penalti ditepis dengan cemerlang oleh Marc-Andre ter Stegen ke luar lapangan.

Antoine Griezmann menerima bola di depan kotak penalti pada menit ke-38, lalu mencoba menembak. Upayanya masih berakhir di kanan gawang Dynamo.

Sepakan Pedri di menit ke-42 bisa dihalau kiper. Barcelona melanjutkan serangan, dengan sepakan Messi membentur Illia Zabarnyi dan meluncur tipis di atas gawang.

Sepakan mendatar Fati di menit ke-45 masih bisa dijangkau dan dihentikan Neshcheret. Babak pertama tuntas 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

 

Keterangan gambar : Lionel Messi (dua dari kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga ketiga Grup G Liga Champions yang mempertemukan Barcelona vs Dynamo Kiev di Stadion Camp Nou, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB. (Foto : AFP/ LLuis Gene)

Dynamo langsung menggebrak di menit pertama. Viktor Tsygankov melewati Jordi Alba dan tinggal menghadapi Ter Stegen, namun tendangannya dihalau kiper Barcelona itu.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Dynamo bikin gol melalui tandukan Tomasz Kedziora. Tapi gol ini dianulir karena dinilai ada pelanggaran lebih dulu.

Ter Stegen kembali jadi penyelamat Barcelona di menit ke-52. Umpan Gerson Rodrigues diterima Vladyslav Supriaha, yang kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat. Ter Stegen bisa membloknya.

Barcelona balas mengancam empat menit kemudian dari tendangan bebas. Eksekusi Messi meluncur ke arah pojok kiri atas gawang, hanya untuk ditepis Neshcheret dengan ujung jari.

Neshcheret kembali melakukan penyelamatan untuk menggagalkan sundulan Sergi Roberto di menit ke-64. Dari sepak pojok yang dihasilkan, Barcelona mencetak gol kedua.

Fati menerima umpan pendek dari korner, lalu mengirim umpan lambung yang disundul Gerard Pique. Barcelona 2-0 Dynamo Kiev.

Pertahanan garis tinggi Barcelona nyaris dimanfaatkan Dynamo di menit ke-67. Tsygankov lolos dan tinggal menghadapi Ter Stegen, tapi ia gagal menaklukkannya.

GOL! Dynamo menghidupkan peluang dengan gol di menit ke-75. Umpan silang dari kiri disambar Verbic pada kesempatan pertama dan dihalau Ter Stegen. Tapi bola bergulir liar hingga dicocor Tsygankov ke gawang gawang.

Ousmane Dembele menebar ancaman di menit ke-79, kala sepakannya ke pojok kiri atas gawang memaksa Neshcheret berakrobat melakukan penyelamatan.

Dynamo mencoba membuat Barcelona kerepotan dengan kecepatan dan tusukan-tusukan ke belakang garis pertahanan. Namun tuan rumah mengontrol pertandingan dengan baik, kemenangan pun diamankan Messi dkk.

 

Susunan pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Gerard Pique, Frenkie de Jong, Jordi Alba; Sergio Busquets (Clement Lenglet 74'), Miralem Pjanic (Sergi Roberto 60'); Pedri (Carles Alena 83'), Lionel Messi, Ansu Fati (Trincao 74'); Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 60')

Dynamo Kiev: Ruslan Neshcheret; Tomasz Kedziora, Illia Zabarnyi, Denys Popov, Artem Shabanov; Volodymyr Shepelev, Oleksandr Andrievsky; Viktor Tsygankov (c), Vitaliy Buyalskiy (Lednev 86'), Gerson Rodrigues (De Pena 71'); Vladyslav Supriaha (Verbic 71')

 

Sumber: detik.com




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook