Pjs Walikota Batam Diskusi dengan Deputi Kemenpora RI, Wujudkan Batam Sebagai Sentra Olahraga Dirgantara

Reporter : Koran Batam 22 Nov 2020, 10:03:21 WIB WISATA
Pjs Walikota Batam Diskusi dengan Deputi Kemenpora RI, Wujudkan Batam Sebagai Sentra Olahraga Dirgantara

Keterangan Gambar : Percobaan olahraga Paralayang yang dilakukan oleh salah satu tim dari Mabes AU Jakarta, Letkol Pas Agustinus Tangi Bali di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepri, lalu. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)


KORANBATAM.COM, BATAM - Pejabat sementara (Pjs) Walikota Batam Syamsul Bahrum, Ph.D (Doctor of Philosophy), berdiskusi dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), melalui Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Dr Raden Isnanta, M.Si serta Asisten Deputi (Asdep) Olahraga Rekreasi Kemenpora RI, Drs Maifrizon, M.Si, pada Sabtu (21/11/2020).

“Kami sempat diskusi, kita (Batam)  memohon dukungan menjadikan Kota Batam salah satu sentra olahraga Dirgantara,” kata Syamsul.

Ia mengatakan, selama ini Batam dikenal dengan daerah yang identik dengan aqua tourism (wisata laut). Melalui diskusi ini, ia berharap Batam juga dikenal sebagai daerah yang memiliki aero tourism.

“Dengan demikian, supaya destinasi, objek dan ivent di Batam semakin komprehensif (luas, menyeluruh, teliti dan meliputi banyak hal) dan holistik (secara keseluruhan) dengan memanfaatkan potensi alam yang ada,” jelasnya.

Syamsul juga mengatakan, baru-baru ini ujicoba Parasailing (Paralayang) digelar di Kota Batam, tepatnya di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dan berjalan sukses. Selain itu, juga persiapan kawasan di Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning sebagai salah satu tempat Aerosport/Venue (lokasi) spot landasan Parayang seperti drone dan olahraga dirgantara lainnya. Bahkan, Assisten Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di bidang potensi olahraga Dirgantara sudah pernah ke Batam.

“Mudah-mudahan Covid tahun depan mereda, dan kita sudah persiapkan ini semua. Rencananya, ada rencana digelar Pelangi Nusantara di Batam yang diinisiasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU). Kita harap Aerosport jadi budaya olahraga baru di Kepri, tidak hanya cinta laut, namun juga mendapat adventure (petualangan) baru,” ujar Syamsul.

 

Keterangan gambar : Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum, Ph.D (dua dari kanan) saat berfoto bersama usai berdiskusi dengan pihak Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Dr Raden Isnanta, serta Asdep Olahraga Rekreasi Kemenpora RI, Drs Maifrizon, pada Sabtu (21/11/2020). (Foto : istimewa)

Sebelumnya, Syamsul Bahrum menyambut baik rencana Pelangi Nusantara digelar di Batam. Menurutnya, kegiatan ini akan mendongkrak pariwisata Batam.

“Kami mendukung penuh rencana tersebut,” ucap Syamsul, Kamis (12/11/2020) lalu.

Ivent ini, lanjut Syamsul, merupakan kegiatan yang meliputi olahraga dirgantara. Dengan demikian, dinilai sangat mendukung dunia pariwisata di Batam. Hanya saja, perlu persiapan matang seperti lokasi pelaksanaan karena event tersebut butuh lokasi yang sesuai dengan olahraga dirgantara.

“Saya harap, mulai dipersiapkan agar Ivent ini bisa dilaksanakan di Batam,” katanya.

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal Muda (Marsda) TNI Irawan Nurhadi mengatakan, pihaknya datang langsung ke Kota Batam untuk menjajaki rencana penyelenggaraan Pelangi Nusantara 2021. Ia mengatakan, event tersebut dinilai akan membantu daerah setempat khususnya di sektor pariwisata.

“Program ini perlu dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Batam, harus bersama menjajaki ini. Kita melihat kemungkinan bisa diaplikasikan di Batam,” ujar Marsda TNI Irawan Nurhadi, kepada sejumlah awak media, ketika diwawancarai usai meninjau lokasi landasan Parayang di Bukit Gendang, pada Kamis (12/11/2020) pagi, sekira pukul 10.20 WIB.

 

Keterangan gambar : Aspotdirga Kepala Kasau, Marsda TNI Irawan Nurhadi ketika diwawancarai sejumlah awak media, usai melakukan kunjungan peninjauan venue (lokasi) spot landasan Parayang di Sambulang tepatnya di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepri, lalu. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)

Ia mengatakan, butuh tempat khusus karena beberapa jenis olahraga tersebut membutuhkan tempat ketinggian seperti olahraga Paralayang. Selain itu, ada landasan khusus yang saat ini sedang dijajaki oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim.

“Semua harus memenuhi syarat, dan kita masih tahap penjajakan apakah memungkinkan digelar di Batam,” kata Aspotdirga Kasau itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Mayor (Lek) Wardoyo mengaku sudah menjajaki tiga lokasi di Kota Batam yakni di pantai Gobak dan Bukit Gendang di Galang-Rempang dan Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning.

“Dari lokasi yang sudah jajaki, sudah memenuhi syarat. Bahkan, beberapa tempat sudah terdapat akses jalan,” ujar Kang Odoy, sapaan akrabnya.

 

Keterangan Gambar : Kadisops Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo (dua dari kiri), saat bersua foto bersama Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata (paling kiri) didampingi oleh Letkol Pas Agustinus Tangi Bali (dua dari kanan) dan Kadispers Lanud Hang Nadim, Kapten Adm Asta Asyura di spot landasan Parayang di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepri, pada Kamis (12/11/2020) lalu. (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)

Dari tiga tempat ini, lanjut Kang Odoy, beragam olahraga yang bisa dilaksanakan, untuk di Pulau Galang diprioritaskan Paralayang karena memiliki bukit-bukit ketinggian yang memungkinkan untuk terbang.

Sementara, masih dikatakan Kang Odoy, di Taman Wisata Alam Muka Kuning khusus Drone Aeromodelling, hingga pesawat Trike.

 

Keterangan Gambar : Peserta saat mengikuti pelatihan dan sertifikasi pilot drone ke 15, yang diselenggarakan oleh Lanud Hang Nadim dan FASI, di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Batam, pada Sabtu dan Minggu, tanggal 3-4/10/2020, lalu. (Foto : Lanud Hang Nadim untuk KORANBATAM.COM)

“Beberapa lokasi sudah kita bersihkan, untuk dilakukan uji coba,” pungkasnya.

 

(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook