Polres Lingga Gelar Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polisi

Reporter : Koran Batam 23 Mar 2021, 11:13:04 WIB LINGGA
Polres Lingga Gelar Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polisi

Keterangan Gambar : Calon peserta melaksanakan serangkaian Binlat penerimaan calon anggota Polri Tahun 2021 di Kabupaten Lingga.


KORANBATAM.COM - Kepolisian Resor (Polres) Lingga menggelar pembinaan dan pelatihan (Binlat) calon peserta penerimaan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Tahun Ajaran 2021, dalam menciptakan calon anggota Polri yang unggul.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lingga, AKBP Arief Robby Rachman melalui Kepala Bagian (Kabag) Sumberdaya (Sumda) Polres Lingga, Kompol Hadi Sucipto, mengatakan, pada pelaksanaan Binlat penerimaan calon anggota Polri Tahun 2021 di Kabupaten Lingga mendapat sambutan antusias yang sangat luar biasa.

“Animo putra putri di Lingga untuk menjadi bagian dari anggota Polri sangat luar biasa, hal itu dapat kita lihat dari banyaknya jumlah peserta Binlat dari wilayah Dabo dan Daik. Kegiatan dilaksanakan pada awal Maret tahun 2021 lalu, dengan beberapa kali pertemuan dan materi yang berbeda-beda,” kata Kompol Hadi, Selasa (23/3/2021).

Dikatakan Kompol Hadi, bahwa Binlat tersebut sangat penting dilaksanakan sebelum para peserta mengikuti tes yang sesungguhnya.

“Kita harapkan adik-adik yang mengikuti Binlat dapat terus berlatih dirumah agar ketika nanti mengikuti tes sesungguhnya telah siap dan maksimal,” katanya.

Adapun pembinaan dan pelatihan (Binlat) yang dilaksanakan meliputi Binlat Kesehatan, Binlat Jasmani, Binlat Akademik dan Binlat Psikologi.

Dalam pelaksanaannya, diawali dengan pemeriksaan kesehatan dengan melibatkan tenaga kesehatan dan diikuti sebanyak 37 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Selanjutnya pengecekan tensi (tekanan darah), tinggi dan berat badan, jarak pandang, buta warna dan postur tubuh.

Sebanyak 40 orang yang terdiri dari 36 orang laki-laki dan empat orang perempuan mengikuti Binlat Jasmani dengan materi kemampuan renang yang dilaksanakan di kolam renang Batu Ampar.

“Binlat ini tidak hanya dilaksanakan atau diikuti oleh peserta di Dabo Singkep saja, tapi juga dilaksanakan di Daik Lingga. Untuk peserta di Daik, ada sebanyak 23 orang laki-laki dan sembilan orang perempuan,” kata dia.

Selanjutnya Binlat Kesamaptaan Jasmani, diikuti sebanyak 35 orang peserta yang terdiri dari 32 orang laki-laki dan tiga orang perempuan. Sedangkan materi yang diberikan kepada peserta ialah meliputi, lari, pull-up, push-up, sit-up dan shuttle run yang dilaksanakan di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Lingga.

Kemudian Binlat Akademik, diikuti 62 orang terdiri dari pria 51 orang dan wanita 11 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Dabo Singkep.

“Pada pelaksanaan Binlat, sebagai pemateri selain dari anggota Polres Lingga juga melibatkan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, kata dia, diharapkan putra putri dari Kabupaten Lingga sudah siap bersaing dengan putra putri se-Kepulauan Riau (Kepri) yang nantinya pelaksanaan tahap seleksi dilakukan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kepri.

“Kita harapkan dan kita doakan, semoga tahun ini yang berhasil lulus menjadi anggota Polri dari Kabupaten Lingga bisa lebih banyak lagi. Tahun 2020 lalu, yang lulus dari Kabupaten Lingga sebanyak sembilan orang yang terdiri delapan laki-laki dan satu perempuan. Maka, untuk tahun 2021 ini, kita harapkan bisa lebih banyak lagi,” tutupnya.

 

(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;