Polsek Singkep Barat Kawal Deklarasi Penolakan Tambang Timah Laut

Reporter : Koran Batam 09 Nov 2020, 11:35:20 WIB LINGGA
Polsek Singkep Barat Kawal Deklarasi Penolakan Tambang Timah Laut

Keterangan Gambar : Pengawalan aksi deklarasi penolakan penambangan timah laut masyarakat Kecamatan Kepulauan Posek. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, LINGGA - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Singkep Barat, Iptu Idris SE.Sy, MH bersama empat (4) personil Polsek Singkep Barat turun langsung ditengah-tengah masyarakat Kecamatan Kepulauan Posek untuk melakukan pengawalan  pelaksanaan deklarasi penolakan penambangan timah laut terhadap PT Suprame Alam Resource (SAR) agar berjalan tertib dan kondusif.

Pengawalan tersebut terkait penolakan masyarakat terhadap PT SAR yang akan melakukan penambangan Timah laut di perairan Alang Tiga, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, pada Minggu (08/11/2020) kemarin.

Iptu Idris mengatakan bahwa, tujuan dilakukannya pengawalan terhadap masyarakat tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan pelaksanaan deklarasi penolakan tersebut berjalan tertib serta situasi tetap kondusif.

“Deklarasi penolakan tersebut berawal dari, Kepala Desa Posek melayangkan surat ke Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi dengan isi dukungan masyarakat Desa Posek kepada PT SAR untuk melakukan penambangan timah laut. Sedangkan masyarakat desa Posek merasa tidak pernah menyetujui akan dilakukan penambangan timah laut di perairan Alang tiga oleh PT SAR tersebut. Artinya kepala desa memberi keputusan sepihak,” ujar Kapolsek Singkep Barat, pada Minggu (08/11/2020) malam melalui rilis yang diterima oleh KORANBATAM.COM.

Kapolsek juga, mengharapkan kepada masyarakat Kecamatan Kepulauan Posek, agar menyikapi hal tersebut dengan tenang jangan melakukan tindakan anarkis karena, anarkis bukanlah jalan yang terbaik.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mencari solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan tersebut dengan lakukan tindakan administrasi dengan cara mencari tahu terlebih dahulu dokumen yang dimiliki oleh PT SAR. Jika memang tidak benar baru bisa dilakukan tindakan hukum.

“Mari bersama-sama kita jaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang kondusif di wilayah Kecamatan Kepulauan Posek,” katanya.

Informasi yang diterima, selama berlangsungnya kegiatan deklarasi penolakan penambangan timah laut tersebut, keadaan berjalan dengan tertib dan situasi tetap kondusif.

 

(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook