Kota Batam Bakal Miliki Destinasi Wisata Dirgantara, Terobosan Lanud Hang Nadim

Reporter : Koran Batam 13 Nov 2020, 20:05:41 WIB WISATA
Kota Batam Bakal Miliki Destinasi Wisata Dirgantara, Terobosan Lanud Hang Nadim

Keterangan Gambar : Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata (paling kiri) didampingi oleh Kadisops Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo (dua dari kiri), Letkol Pas Agustinus Tangi Bali (dua dari kanan) dan Kepala Dinas Personil (Kadispers) Lanud Hang Nadim Kapten Adm Asta Asyura saat bersua foto di spot landasan Parayang di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis (12/11/2020). (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)


KORANBATAM.COM, BATAM - Kota Batam bakal punya destinasi wisata Dirgantara yakni olahraga Paralayang. Paralayang ini, merupakan terobosan baru dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim dan ini kali pertama dilaksanakan di Kota Batam.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata saat ikut menghadiri peninjauan venue (lokasi) spot landasan Parayang di Sambulang tepatnya di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis (12/11/2020) bersama Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal Muda (Marsda) TNI Irawan Nurhadi dan rombongan Pejabat dari Jajaran TNI-AU dari Markas Besar Angkatan Udara (Mabes AU) Jakarta.

Olahraga Paralayang bakal menjadi destinasi wisata di Kota Batam. Dalam peninjauan itu, dilakukan uji coba terjun sebanyak tiga kali oleh Letkol Pas Agustinus Tangi Bali dari atas bukit Gendang menuju titik mendarat dengan baik.

“Kita melihat langsung uji coba terjun, tempatnya sangat cocok dijadikan wisata paralayang, dari dulu memang wisatawan mancanegara (Wisman) banyak yang menanyakan destinasi wisata dirgantara seperti Paralayang, para motor dan lainnya,” kata Ardi, Jumat (13/11/2020).

Ia berharap olahraga paralayang ini menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Kota Batam memiliki banyak destinasi dan atraksi, salah satunya direncanakan paralayang,” ujar mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) itu.

 

Keterangan gambar : Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata (kiri) ikut merasakan destinasi wisata baru di Batam. (Foto : istimewa)

Sementara, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Irawan Nurhadi mengatakan bahwa, dipilihnya Kota Batam karena Batam banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Lokasi spot paralayang Bukit Gendang pulau Rempang merupakan perdana di Kepri dan satu lagi adalah di Bukit daerah Muka Kuning. Namun, yang di bukit Muka Kuning itu khusus untuk pelatihan bagi atlet.

“Kenapa kita pilih Batam, karena sebab di Batam sangat banyak pelancong atau wisatawan dari Singapura dan Malaysia. Dan disini, belum ada wisata dirgantara dan kita akan kembangkan itu dalam rangka juga untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Batam ini.” ujar Marsda TNI Irawan Nurhadi.

 

Keterangan gambar : Foto bersama usai melaksanakan peninjauan venue (lokasi) spot landasan Parayang di Sambulang tepatnya di Bukit Gendang, Kawasan Hutan Konservasi Taman Buru, Pulau Rempang, Batam, Kepri, pada Kamis (12/11/2020). (Foto : ilham/KORANBATAM.COM)

Menurutnya, di Bukit Gendang itu dinilai aman melakukan kegiatan paralayang serta memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

“Aman untuk kegiatan paralayang, Bukit Gendang memiliki keindahan yang mungkin jarang sekali untuk di jumpai,” tandasnya.


(ilham)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook