BPS Lingga Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

Reporter : Koran Batam 05 Des 2019, 16:25:58 WIB LINGGA
BPS Lingga Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

KORANBATAM.COM, Lingga - Menjelang Sensus Penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lingga mengajak seluruh masyarakat Lingga untuk berpartisipasi menyukseskan agenda besar yang digelar setiap 10 tahun tersebut.

Dengan mengusung hastag #MencatatIndonesia Sensus Penduduk ke-7 tersebut akan dimulai pada bulan Februari mendatang untuk pendataan mandiri melalui Website, sedangkan untuk pendataan lapangan atau door to door akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Berbeda dengan pelaksanaan Sensus Penduduk yang yang digelar pada tahun 2010 lalu, pada tahun 2020 mendatang akan menggunakan metode kombinasi, yakni menggunakan data registrasi penduduk dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta pendataan langsung ke rumah penduduk.

Adapun dasar pelaksanaan sensus penduduk tersebut didasari oleh undang-undang nomor 16 tahun 2017 tentang Statistik, Resolusi PBB 2020, serta adanya rencana pemerintah untuk membentuk Satu Data Indonesia sehingga akan tercipta sinkronisasi data Indonesia kedepannya.

“Kegiatan ini dinilai sangat penting dilaksanakan karena dari hasil Sensus Penduduk ini akan diperoleh data penduduk secara de facto dan de jure untuk tahun 2020, serta bisa dijadikan sebagai parameter dan proyeksi penduduk untuk tahun-tahun berikutnya” kata Iman Rahadiansyah Kasi Stat. Sosial BPS Kabupaten Lingga.

Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan Sensus Penduduk 2020 ini juga untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia demi menciptakan satu data kependudukan Indonesia.

Nantinya selain pendaftaran mandiri melalui Computer Assited Web Interviewing (CAWI) juga akan dilaksanakan Pencil and Paper Interviewing (PAPI) atau kunjungan dari rumah ke rumah serta juga akan digelar Computer Assited Personal Interviewing (CAPI) atau pendataan melalui ponsel. Khusus CAPI ini hanya dilaksanakan di kota besar di Kepulauan Riau, mengingat kondisi sinyal akses data internet yang lebih stabil dan cepat.

“Pendataan online mandiri dimulai pada bulan Februari 2020. Mari bersama-sama kita sukseskan agenda besar ini. Bantu kami, bantu pemerintah untuk Mencatat Indonesia,” pungkasnya.(humas/PR)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook