Terpapar Covid-19, Ketua KPU Kepri Surati KPU Pusat
Pastikan Tahapan Pilkada di Kepri Tidak Terganggu

Reporter : Koran Batam 04 Nov 2020, 21:24:23 WIB KEPRI
Terpapar Covid-19, Ketua KPU Kepri Surati KPU Pusat

Keterangan Gambar : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Sri Wati. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, TANJUNGPINANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau (Kepri), Sri Wati, Rabu (4/11/2020), mengatakan dirinya selaku pimpinan KPU Kepri sudah mengirimkan surat ke KPU Pusat. Pengiriman surat ini terkait tiga orang komisioner dan satu orang staf KPU Kepri yang dinyatakan positif Covid-19.

“Kami masih menunggu arahan dan petunjuk dari KPU Kepri,” ujar Sri Wati.

Sri Wati mengatakan, meskipun tiga komisioner KPU Kepri dan satu staf positif Covid-19, sampai saat ini mereka masih bekerja sebagaimana tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sudah ditetapkan.

“Tidak akan menggangu secara tahapan, karena saya juga akan menyampaikan itu kepada pimpinan KPU di pusat. Sudah ada di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mengatur ketika terjadi hal-hal yang dialami KPU Kepri saat ini,” jelas Sri.

Aturan itu mempedomani PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Perubahan Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease 2019 sesuai dengan Pasal 91 dan 92.

Dalam Pasal 92, disebutkan jika terdapat anggota KPU Provinsi, Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sedang menjalani rawat inap, isolasi mandiri dan atau positif terinfeksi Corona Virus Disease atau Covid-19 yang mengakibatkan tidak memenuhi kuorum (jumlah minimum anggota yang harus hadir dalam rapat, majelis, dan sebagainya), pelaksanaan tugas diambil alih oleh PPK untuk PPS, KPU Kabupaten/Kota untuk PPK, KPU Provinsi untuk KPU Kabupaten/Kota dan KPU Pusat untuk KPU Provinsi.
 

(red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook