Asah Kemampuan Perang, 195 Prajurit Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Latihan Pertempuran di Hutan Batam

Reporter : Koran Batam 25 Nov 2021, 19:49:05 WIB KEMILITERAN
Asah Kemampuan Perang, 195 Prajurit Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Latihan Pertempuran di Hutan Batam

Keterangan Gambar : Prajurit Yonif RK 136/TS memetakan area musuh untuk dilakukan penyergapan saat melaksanakan latihan pertempuran hutan di hutan Batam, Kamis (25/11/2021). Foto/Humas PenRem 033 WP


KORANBATAM.COM - Sebanyak 195 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS) melaksanakan latihan pertempuran hutan atau Jungle War di hutan lindung PT Moya dan hutan lindung Tiban Kompleks. Latihan tersebut dilaksanakan selama 27 hari, sejak 18 Oktober hingga 23 November 2021.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahun anggaran (T.A) 2021 untuk meningkatkan profesionalisme prajurit satuan tempur (Satpur) dalam menjalankan tugas pokok sehingga dapat diaplikasikan dalam kemungkinan ancaman yang terjadi di lapangan.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS), Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Andi Ariyanto, mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesian (NKRI).

“Latihan pertempuran hutan ini diikuti 195 prajurit yang terdiri dari 45 orang penyelenggara dan 150 pelaku. Latihannya dilaksanakan selama 27 hari, mulai dari tanggal 18 Oktober sampai 23 November 2021, dengan metode materi teknis, taktis dan drill tempur,” kata Letkol Inf Andi, Kamis (25/11/2021).

Selama kegiatan latihan berlangsung (27 hari), dijelaskan Danyonif RK 136/TS, prajurit hidup dan bertahan di hutan dengan bekal yang sudah disiapkan selama waktu berlangsung.

“Prajurit yang ikut terlibat latihan ini kita beri bekal untuk bertahan hidup di hutan, selama 27 hari. Nah, di dalam pertempuran hutan, prajurit di latih untuk bertahan hidup (Survivle) di hutan, dengan memanfaatkan makanan alam yang ada di hutan tersebut. Ini dilakukan untuk membentuk karakter yang tangguh, profesional, dan bermental baja sehingga terbentuk para prajurit-prajurit yang terbaik nantinya,” ungkapnya.

Keterangan gambar: Danyonif RK 136/TS, Letkol Inf Andi Ariyanto (berdiri), memberi pengarahan kepada prajurit Yonif RK 136/TS yang terlibat dalam latihan pertempuran hutan, Kamis (25/11/2021). Foto/Humas PenRem 033 WP

Sementara, terpisah (di Tanjungpinang), Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, mengatakan, latihan yang dilaksanakan oleh prajurit Yonif RK 136/TS tersebut untuk meningkatkan kemampuan prajurit, mengembangkan keterampilan, dan teknik pertempuran hutan.

“Latihan tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat (AD) khususnya satuan jajaran (Satjar) Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama (WP), bahwa, disiplin tempur di medan operasi adalah sangat penting. Hal itu sangat menentukan keberhasilan prajurit di medan penugasan,” ujar Brigjen TNI Jimmy Ramoz.

Selain itu, lanjut Danrem 033/WP, latihan tersebut sudah menjadi ikon bagi TNI AD. Sehingga teknik-teknik dalam latihan dapat dikuasai dan implementasikan.

“Teknik ini harus dikuasai dan diimplementasikan oleh prajurit. Jangan lupakan aspek 5K, yakni Keamanan, Kerahasiaan, Kewaspadaan, Ketelitian, dan Ketepatan. 5 aspek ini harus selalu dipedomani dan diimplementasikan dimanapun nanti para prajurit ditempatkan di daerah penugasan operasi,” katanya.

Keterangan gambar: Prajurit Yonif RK 136/TS melakukan teknik penyergapan musuh saat melaksanakan latihan pertempuran hutan di hutan Batam, Kamis (25/11/2021). Foto/Humas PenRem 033 WP

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 033/WP berpesan kepada prajurit Satuan Jajaran Korem 033/WP, baik yang sedang berlatih agar selalu memelihara, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan selama latihan.

“Kepada komandan satuan dan pelatih, agar segera mengevaluasi dan mengkaji selama latihan ini untuk latihan berikutnya bisa lebih baik lagi. Sehingga latihan berikutnya bisa lebih baik dalam meraih capaian yang sudah ditentukan. Saya berharap kepada peserta latihan agar selalu memelihara dan meningkatkan pengetahuan, serta keterampilan yang diperoleh selama mengikuti latihan tersebut,” pungkasnya.

 

(iam)




DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76 DIRGAHAYU KORPS BRIMOB POLRI KE 76
Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;