Anambas Raih Juara 2 Menuju Informatif Setelah Kota Batam

Reporter : Koran Batam 04 Des 2019, 23:50:21 WIB KEPRI
Anambas Raih Juara 2 Menuju Informatif Setelah Kota Batam

Keterangan Gambar : Asisten III Pemkab Anambas, Yendi saat menerima penghargaan dari Komisi Informasi di Tanjungpinang, Rabu(4/12/2019)


KORANBATAM.COM, Tanjungpinang - Komisi Informasi Kepulauan Riau lakukan pemeringkatan seluruh Kabupaten/Kota di Kepri dengan melihat pemerintahan daerah menuju informatif. Dalam penilaian tersebut, Kabupaten Kepulauan Anambas memperoleh peringkat II dengan nilai 85,83 setelah Kota Batam peraih peringkat pertama dengan torehan nilai 87,36.

Setelah itu menyusul peringkat ketiga Pemkab Karimun dengan perolehan nilai 84,78 selanjutnya Pemko Tanjungpinang dengan meraih nilai 83,80 dan peringkat kelima diraih oleh Pemkab Lingga dengan nilai 82,93.

Menanggapi prestasi itu, Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, jika prestasi itu merupakan kerja keras seluruh ASN yang ada dilingkungan Pemkab Anambas. Selaku pimpinan dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih dan kedepan berharap akan lebih giat lagi melaksanakan tugas sebab meraih prestasi lebih mudah dari pada mempertahankannya.

"Ini berkat kerjasama semua ASN dilingkungan Pemkab Anambas dalam hal keterbukaan informasi publik. Karena keterbukaan itu lintas organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga dibutuhkan kerjasama yang konkrit," kata Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra kepada media ini, Rabu(4/12/2019).

Wan juga berpesan, setiap melakukan rapat koordinasi antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Anambas selalu menekankan kepada badan publik agar memberikan laporan tepat waktu dan tepat sasaran. Hal inin dilakukan sebagai bentuk transparansi pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kepada masyarakat.

"Kita melayani masyarakat dalam memaparkan informasi. Masyarakat juga membutuhkan keterbukaan, jadi kedepan pelu lebih giat lagi dan bekerjasama antar OPD dalam memberikan pelayanan terhadap publik,"katanya.

Semantara Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemkab Anambas, Japrizal mengatakan, untuk meraih prestasi tersebut tidak terlepas dari peranan kepala daerah dalam memberikan arahan dan penekanan agar dalam melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik.

"Setiap rapat koordinasi, kita selalu diingatkan terutama badan publik perangkat daerah agar selalu tepat waktu dan tepat sasaran. Karena salahsatu penilaian ada disana," ujarnya.

Japrizal juga menambahkan, dalam melayani masyarakat memaparkan informasi sudah transparan dan tidak ada lagi yang disembunyikan kecuali hal tertentu yang bersifat rahasia. Kedepan keterbukaan informasi publik ini juga akan menyentuh sampai ketingkat pedesaaan dan ada dokumetasi kegiatan desa dan pengelolaan website dalam mempublikasikan kegiatan penggunaan anggaran desa.

"Badan publik sampai saat ini sudah sampai ketingkat kecamatan, kedepan sampai ke pemerintahan desa. Jadi masyarakat sudah bisa nanti mengetahui perkembangan pembangunan hingga ke desa," ujarnya.

Perlu diketahui untuk instansi vertikal di tingkat Provinsi Kepri juara pertama diraih oleh Badan Pusat Statistik Prov Kepri dengan nilai 97,08 dan disusul peringkat kedua oleh Kanwil dirjen Perbendaharaan Prov Kepri dengan nilai 89,02.

Sementara posisi ketiga diduduki oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang dengan perolehan nilai 84,93 dan posisi keempat adalah, BPK Perwakilan Prov Kepri dengan nilai, 79,63 dan posisi kelima adalah Kanwil Kementerian Agama Prov Kepri dengan nilai 79.07.

 




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook