Kesbangpol Se-Kepri Rumuskan Rencana Aksi Pemantauan Pilkada Serentak 2020

Reporter : Koran Batam 05 Des 2020, 01:14:33 WIB METROPOLITAN
Kesbangpol Se-Kepri Rumuskan Rencana Aksi Pemantauan Pilkada Serentak 2020

Keterangan Gambar : Foto bersama usai Forum Kesbangpol Provinsi Kepri. (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, BATAM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota/Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memaparkan dan merumuskan rencana aksi pemantauan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Hotel Harmony One Batamcenter, Kota Batam, pada Kamis (03/12/2020). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Hal tersebut disampaikan pada Forum Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri guna melakukan analisa dan evaluasi terhadap proses pemantauan Pilkada Serentak di Provinsi Kepri yang pada Tahun ini dilaksanakan untuk memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta calon Walikota dan Wakil Walikota/calon Bupati dan calon Wakil Bupati di enam (6) Kota/Kabupaten se-Kepri kecuali Kota Tanjung Pinang.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah dan Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepri, Bahtiar Baharuddin juga turut hadir guna membuka kegiatan dan memberikan arahan terkait kebijakan-kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri baik yang telah maupun yang akan dilakukan guna dikordinasikan ke Bakesbangpol se-Provinsi Kepri dan mitra-mitra forumnya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak di Kepri tahun ini.

Pjs Gubernur Kepri, Dr Drs Bahtiar Baharudin, M.Si. menggaris bawahi penerapan Protokol Kesehatan dan pentingnya partisipasi masyarakat pada Pilkada Tahun ini. Selain Protokol Kesehatan yang harus dijaga dengan ketat, partisipasi masyarakat juga harus didorong untuk tetap tinggi, Bakesbangpol se-Kepri harus turut berperan aktif mengkampanyekan ke masyarakat bahwa sangat aman untuk datang ke TPS karena Protokol Kesehatan diterapkan dengan ketat.

“Untuk itu, kami meminta agar seluruh jajaran Bakesbangpol se-Kepri dapat turun langsung secara maksimal memantau dan mendukung pelaksanaan Pilkada kali ini,” ujar pria berdarah bugis yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Pjs Gubernur pada 5 Desember 2020 ini.

Sementara, Kepala Bakesbangpol Kota Batam, Riama Manurung, SH., MH.  menyampaikan kesiapan jajarannya dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini. Baik melalui desk Pilkada yang telah terbentuk sejak Oktober lalu, maupun melalui peran Bakesbangpol Batam.

“Kami telah melakukan banyak langkah-langkah guna turut mensukseskan Pilkada kali ini. Selain membangun kordinasi yang baik dengan penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu, juga kami telah melakukan dialog kebangsaan bersama Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) guna mensosialisasikan 12 hal baru di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada tahun ini kepada seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) binaan Bakesbangpol Batam,” terangnya.

Riama melanjutkan bahwa, selain langkah-langkah yang dilakukan secara kelembagaan, juga secara pribadi sebagai pimpinan dan seluruh jajaran Bakesbangpol Kota Batam turut mengkampanyekan secara aktif notifikasi hitung mundur Pilkada 2020 melalui poster yang kami sebarkan secara online ke berbagai platform aplikasi media sosial guna mendorong tercapainya target partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini yakni 77,5 persen.

“Pada kesempatan ini juga, kami Bakesbangpol Kota Batam mengucapkan terima kasih atas pengabdian Bapak Bahtiar menjalankan tugas sebagai Pjs Gubernur Kepri yang akan berakhir pada 5 desember nanti, harapan dan doa dari kami untuk pak bahtiar agar dapat semakin sukses dalam pengabdiannya di Kemdagri selepas selesai bertugas di Kepri nanti,” tutupnya.

Pada kegiatan yang diadakan Badan Kesbangpol Provinsi Kepri tersebut, juga hadir dari Pihak Direktur (Dir) Intelkam Polda Kepri, Wakil Ketua I DPRD Kepri dan Kepala Dinas Kominfo Kepri yang menyampaikan beberapa isu strategis dan peranan masing-masing guna dikordinasikan dengan Bakesbangpol Kota/Kabupaten se-Kepri.

Selain itu, juga turut hadir para pengurus forum mitra Bakesbangpol se- Kepri, yaitu Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kordinasi Pemberantasan Terorisme (FKPT).


(ril)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook